Penggunaan Plastik UV Pada Rumah Bibit

Green House 9 Plastik UV Greenhouse 5

Kebun Bibit mempunyai peran penting dalam penyediaan stok bibit dan tanaman besar bagi kelangsungan Rumah Pangan Lestari (RPL) dalam Model Kawasan RumahPangan Lestari (MKRPL). Kebun Bibit MKRPL di lengkapi dengan rumah bibit (greenhouse) untuk pembibitan, sehingga dapat menghasilkan bibit yang sehat dalam waktu relatif cepat sesuai kebutuhan. Manfaat rumah bibit diantaranya adalah, agar persemaian berlangsung dengan kondisi iklim mikro yang terkendali untuk pertumbuhan tanaman. dengan cara mempertahankan suhu, memperhitungkan transmisi cahaya, mengatur kelembabanudara secara merata sesuai kebutuhan pertumbuhan tanaman. Selain itu juga berperan untuk melindungi tanaman, terutama bibit tanaman yang rentan terhadap pengaruh langsung hujan dan angin kencang yang sering berlangsung pada daerah tropis serta hama serangga.

Desain, bahan dan bangunan rumah bibit harus dapat bertahan untuk jangka waktu lama, untuk itu rumah bibit yang dibangun harus terletak pada lahan datar yang tidak ternaungi, menggunakan tipe Tunnel (lorong setengah lingkaran denganatap berbentuk melengkung kebawah serta struktur busur dengan ke-2 kaki terpendam ketanah sehingga dapat menyangga dan menahan bangunan lebih kuat), ventilasi alamiah untuk mengontrol suhu menggunakan jala denganlobang berukuran kecil (screen) pada dinding dan pintu sehingga mampu menahan serangga atau hama tanaman, serta dilengkapi dengan springkle air yang di operasionalkan pada siang hari.

Agar dapat mempertahankan kelembaban udara dalam rumah bibit antara 60% sampai 80% ketika sinar matahari sangat panas masuk kedalam rumah bibit serta suhu pada rentang 28 – 38°C. Untuk mengetahui kondisi stabilitas suhu dan kelembaban, di dalam rumah bibit dilengkapi dengan alat digital thermo-hygro untuk mengukur suhu dan kelembaban udara, sehingga pengelola kebun dapat mengontrol kondisi di dalam rumah bibit. Kerangka menggunakan besi stall dengan ukuran yang di sesuaikan kondisi luas lahan. Rak persemaian menggunakan kawat wermes anti karat ukuran 2 cm x 2 cm. Atap rumah bibit menggunakan bahan dari plastik Ultra Violet (UV) 14%.

Aliran udara secara almiah dari dinding atau pintu menimbulkan pertukaran udara di dalam sedangkan pantulan radiasi sinar matahari yang masuk melalui plastik UVmenimbulkan terjadinya perubahan panjang gelombang dari radiasi gelombang pendek matahari yang masuk memanaskan lantai dan permukaan dalam, lalu dipancarkan kembali dalam bentuk gelombang panjang ke atap dan dinding, selanjutnya olah atap UV, sebagian di pantulkan kembali ke dalam rumah bibit. Perubahan pantulan panjang gelombang ini mempengaruhi iklim mikro yang berbeda dengan lingkungan luar.

Baca juga Plastik UV GREEN HOUSE

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s