Cara Membuat Kolam Ikan Di Lahan Pekarangan (Hemat Lahan)

Persiapan Kolam
Cara membuat kolam yaitu dengan membersihkan dan meratakan permukaan tanah terlebih dahulu, kemudian lapisi dengan jerami agar perubahan suhu kolam tidak berubah drastis. Kolam dibangun dengan menumpuk batako sebanyak 3 tingkatan (membentuk kotak) dan dilapisi terpal transparan (Plastik UV) sesuai dengan bentuk kolam (kotak). Supaya kuat untuk menahan air berikan batako diatas lipatan terakhir.

Untuk menjaga kwalitas air, maka bangunlah atap penutup kolam yang terbuat dari bambu dan terpal. Bangunan tersebut dimaksudkan untuk melindungi kolam dari air hujan yang dapat menyebabkan perubahan pada pH kolam secara drastis. Kolam dipasang instalasi aerasi sebanyak 4 titik di tiap kolam. Hal tersebut dilakukan supaya ketersediaan oksigen dalam kolam senantiasa tercukupi dengan padat tebar ikan yang tinggi. Selain itu kotoran ikan dan sisa pakan tetap melayang di badan air dan tidak mengendap didasar kolam.

gb29

Kolam yang telah terbentuk di isi air sebanyak 1/3 bagian dan direndam dengan kotoran ayam yang dimasukkan ke dalam karung sebagai media pupuk selama 2 hari. Setelahnya kotoran tersebut dipindahkan dan air kolam di diamkan dibawah sinar matahari supaya terkena sinar matahari selama 4 hari hingga air kolam berubah warna menjadi warna hijau. Setelah warna air tersebut berubah menjadi hijau, maka air kolam ditambahkan sebanyak 2/3 bagian.

Kami melayani pemesanan Plastik UV untuk Green House / Kolam Ikan. Untuk info pemesanan bisa hubungi kami langsung call/sms di 087703463868 – 081230598686 – 081553451269/ 031-8830487

Plastik UV Green House 1

Yuk mengetahui lebih dalam tentang plastik UV dengan klik → Mengetahui Lebih Dalam Plastik UV (UltraViolet)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s