Macam – Macam Media Tanam Hidroponik

Bahan – Bahan Berikut Dapat Digunakan Sebagai Media Tanam Yang Baik Untuk Teknik Hidroponik

– Rockwool
6084469_40dc0499-3522-4d27-b598-10644c1baf62Merupakan salah satu media tanam hidroponik yang paling banyak digunakan oleh petani/hobis hidroponik khususnya di Indonesia pada saat ini. Rockwool merupakan media tanam anorganik yang berbentuk menyerupai busa, memiliki serabut-serabut halus dan bobotnya sangat ringan. Busa ini terbentuk dari batuan basalt yang dipanaskan dengan suhu yang sangat tinggi hingga dapat meleleh, kemudian mencair dan terbentuklah.

– Arang Sekam
arang-sekam-2Media tanam arang sekam umumnya digunakan untuk hidroponik tanaman seperti tomat, paprika, dan mentimun.

– HydrotonhydrotonAdalah salah satu jenis media tanam hidroponik berupa bulatan – bulatan lempung yang yang berukuran kecil seperti kelereng. Hydroton sangat tepat jika digunakan sebagai media tanam karena dapat menyimpan kandungan air dengan baik, bersih, pH netral dan stabil, serta memiliki aerasi yang cukup baik.

– Serbuk Sabut Kelapa
471825532_cf49ab4395Sabut kelapa atau dikenal juga dengan istilah ‘cocopeat’ merupakan limbah perkebunan yang berlimpah di daerah penghasil kelapa, tanaman yang masih keluarga aren-arenan atau Arecaceae ini, seluruh bagiannya mempunyai manfaat yang besar bagi manusia. Terutama bagian sabut yang membungkus buah kelapa dapat diolah menjadi pupuk organik padat atau bokashi.

– Spons
9101Spons yang umumnya dimanfaatkan sebagai tempat menempelkan rangkaian bunga, ternyata dapat juga dimanfaatkan untuk media tanam hidroponik. Hasilnya lebih bagus dan pertumbuhan tanaman lebih prima, dapat dipakai selama – lamanya. Kelebihan lainnya yaitu spons ini dapat menyimpan air sampai 2 minggu, ditambah daya tahannya terhadap jamur.

– Perlite
sizedSupercoarse perlite4211Perlite merupakan sejenis batuan vulkanik yang memiliki kandungan air yang relatif tinggi sehingga ketika dipanaskan pada suhu 850-900 derajat celcius akan mengembang 10-20 kali dari volume aslinya.

– Vermiculite
vermiculitenadjhydro.blogspot.com_Merupakan bahan alternatif untuk media tanam hidroponik, sebagai pengganti tanah. Vermiculite terbuat dari mineral yang sangat baik untuk pembibitan dan pertumbuhan tanaman.

Baca juga Cara Menanam Tomat Cherry Di Dalam Pot

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s