Langkah Buat Green House Agar Didapat Manfaat Yang Optimal

dscn3110

Prinsip kerja dari green house yakni pengaturan cahaya matahari, suhu, dan kelembaban sampai tanaman dapat tumbuh dalam kondisi yang optimal.

Penggunaan green house sebagai sarana bertanam sudah sejak mulai lama ditangani oleh pertanian di luar negeri namun penggunaannya di Indonesia sendiri masih tetap relatif sedikit dan makin banyak digunakan hanya cuma untuk penelitian oleh institusi pendidikan. Walaupun sesungguhnya jika sebagian petani kita dapat tahu, tahu dan mulai buat green house sebagai tempat produksi tanaman baik tanaman obat/herbal, sayuran, tanaman hias maupun tanaman buah dalam pot jadi penggunaan green house ini dapat berikan banyak manfaat.

Langkah Buat Green House

1. Tentukan tempat untuk buat atau bangun green house
2. Buat ukuran green house sesuai sama luas tempat yang tersedia
3. Buat kerangka green house. Anda dapat buat kerangka sama dengan rumah atau menggunakan type lengkung. Jika Anda tentukan type lengkung buat rangka lengkungan menggunakan pipa PVC.
4. Tutuplah atap menggunakan plastik dan tutuplah sekitar dengan paranet/screen. Paranet akan menjaring masuknya serangga masuk dalam green house.
5. Gunakan paku, tali dan lem untuk menyambung dan merekatkan.
6. Jangan sampai lupa buat pintu untuk Anda keluar masuk dalam green house.
7. Buat bedeng-bedeng persemaian atau sebagian rak untuk menyimpan tanaman sama seperti selera.

Manfaat Green House Dalam Pertanian
greenhouse_cedar_frame_original_mine_large
1. Dapat Meyakinkan Jadwal Penanaman/Produksi

Ada banyak tanaman yang cocok ditanam di musim hujan dan sebaliknya. Dengan menggunakan green house kita dapat menanam tanaman yang umum ditanam di musim hujan di musim kemarau karena ada pengaturan kondisi lingkungan hidup dan terdapatnya air yang cukup.

2. Dapat Tingkatkan Hasil Pertanian

Hasil produksi atau hasil panen akan jadi tambah baik dari segi jumlah maupun kualitasnya. Kondisi lingkungan hidup tanaman dalam green house yang optimal dan terkendalinya serangan hama dan penyakit dapat tingkatkan hasil panen.

3. Begitu mungkin saja Berkebun Organik

Tren beberapa orang sekarang ini lebih cenderung tentukan makanan sehat, makanan bebas bahan kimia yang didapat baik dari pupuk maupun sisa pestisida. Dengan kondisi green house yang terkontrol jadi serangan hama penyakit akan alami penurunan dan tak perlu menggunakan pestisida.

*Simak Juga Artikel Berikut Mengetahui Lebih Dekat Mengenai Plastik UV (Ultra Violet)

Yang Harus Diperhatikan Dalam Buat Green House Untuk Pertanian

Untuk dapatkan manfaat green house seperti yang diterangkan di atas jadi pembuatan green house harus di buat sedemikian rupa seperti :

1. Green House sebaiknya di buat dengan ketinggian atap maksimal setinggi orang dewasa. Green house yang tidaklah sangat tinggi dapat memudahkan perawatan tanaman dan pemberantasan hama lewat cara manual tidak ada pestisida.

2. Green House di buat tertutup tetapi tetap masih peroleh aliran udara yang baik. Untuk mengakalinya Anda dapat menggunakan sebagian jaring/screen di dinding green house agar serangga tak dapat masuk namun masih tetap dapat dilewati udara.

3. Green house di buat memiliki bahan yang sederhana agar dapat menghemat biaya pembuatan. Anda dapat juga menggunakan barang bekas seperti genteng bekas dan kayu bekas untuk sekat.

Plastik Ultraviolet LLDPE/LDPE dengan kandungan antioxidan dan uv stabiliser 6% dan 14% biasa digunakan untuk Pertanian Organik, Hidroponik, Aeroponik, dan pembuatan kompos, plastik uv juga bisa dimanfaatkan untuk proses penjemuran. Kami menyediakan ukuran 3m/1,5m x 100m x 200mic. Siap kirim ke seluruh wilayah di Indonesia. Untuk info harga bisa langsung Hub 087702821277 | 085233925564 | 081232584950. Selengkapnya bisa dilihat disini www.uvplastik99.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s