Cara Budidaya Pakcoy Hidroponik

p-coy

Pakcoy yakni sayuran hijau yang masihlah satu kelompok dengan sawi. Bahkan juga pakcoy kerap dinamakan sawi sendok akibat memiliki bentuk yang memanglah serupa sendok. Ada juga yang menamakan sawi manis atau sawi daging lantaran pangkalnya yang lembut serta tidak tipis seperti daging.
Pakcoy yang umum dipakai untuk bahan sup atau sebagai penghias makanan ini berasa dari Cina.

Langkah Menanam Pakcoy atau Sawi Sendok System Hidroponik

Persiapan

Begitu disarankan untuk kamu yang punya niat menanam pakcoy dengan system hidroponik mempersiapkan semuanya alat yang diperlukan. Di bawah ini yaitu alat-alat yang diperlukan untuk menanam pakcoy hidroponik.

1. Net pot
2. Nutrisi hidroponik
3. Benih pakcoy
4. Kain flanel
5. Plastik Uv Untuk Greenhouse
6. Alat yang lain sesuai sama tehnik yang digunakan

*Simak Juga Artikel Berikut Budidaya Tanaman Hias Mawar Dengan Cara Hidroponik
Pembibitan

Tentukan benih yang berkwalitas tinggi, taburkan benih pada nampan yang sudah di beri media tanah. Bibit siap dipindahkan saat berusia 7-10 HSS (Hari Sesudah Semai) atau daunnya sejumlah sekitaran 4-5 helai. Bibit tak segera ditempatkan pada konstruksi hidroponik, tetapi ditempatkan pada tempat pembibitan terlebih dulu pada media yang cuma diisi air tanpa ada menambahkan larutan nutrisi tanaman.

*Update Harga Plastik Uv Kunjungi DISINI

waring-sayur-8

Penanaman

Bibit yang berdaun 4-5 helai siap dipindahkan pada media tanam dalam greenhouse. Bersihkan bersih bibit dari tempat persemaian sampai akarnya tak memiliki kandungan tanah. Pindahkan bibit pada media cincin baglog lewat cara menempatkan satu bibit pakcoy yang dijepit oleh dua kain filter, yang ditengahnya di beri kain flannel, kain flannel berperan untuk menyerap nutrisi tanaman serta tempat tumbuhnya akar tanaman. Sesudah semua bibit dipindahkan pada cincin baglog, tempatkan pada kontruksi hidroponik yang sudah di beri larutan nutrisi tanaman.
Pada system ini, beberapa akar tanaman terendam di air yang sudah di beri nutrisi tanaman, beberapa lagi diatas permukaan air, yang bersirkulasi sepanjang 24 jam terus-terusan. Perihal ini pula yang utama untuk di perhatikan dalam system NFT, aliran listrik mesti stabil, bila tak tanaman bakal kekurangan nutrisi, lantaran nutrisi tanaman cuma bisa dijangkau oleh tanaman dengan pompa air. Bila listrik mati, automatis nutrisi tanaman akan tidak tercukupi. Susunan air yang begitu tidak tebal sekitaran 3 mm, serupa dengan susunan film, hingga system ini dimaksud NFT.

*Jika Ingin Mengetahui Info Lebih Banyak Tentang Pertanian Klik DISINI

Perawatan

Perawatan yang butuh dikerjakan cukup gampang, yakni lewat cara mengontrol larutan nutrisi untuk tanaman, bila nutrisi makin menyusut jadi butuh ditambahkan. Melindungi posisi pompa supaya senantiasa terendam air, menyulam tanaman yang sudah mati. Budidaya tanaman pakcoy seccara hidroponik tak memerlukan ingindalian hama serta penyakit, sebab hama serta penyakit yang menyerang tanaman amat sedikit. Hal semacam ini yaitu satu diantara keunggulan dari tanaman yang dibudidayakan dengan cara hidroponik.

*Baca Juga BUDIDAYA BAYAM MERAH SECARA HIDROPONIK
Panen

Pakcoy siap dipanen pada usia sekitaran 20 HST (Hari Sesudah Tanam) atau 22-30 HSS (Hari Sesudah Semai). Ciri-cirinya yakni daun sawi dewasa berupa oval melebar, tangkai daunnya berwarna hijau cerah, memiliki bentuk relative pendek, jauh tidak sama dengan sawi yang memiliki ukuran panjang.

Pemesanan Waring Hub  0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 0812.3258.4950

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s