Cabai Habanero, Cabai Yang Pedas dan Gampang Tumbuh

cabai-habanero

Tentang cabai Habanero sudah tidaklah hal asing di telinga kita. Di Indonesia, cabai tipe ini di Jawa Barat dinamakan cabai gendot atau cabai bendot, sedangkan di Jawa Tengah dinamakan cabai gendol. Dinamakan cabai gendol karena bentuk cabai ini yang bengkak atau mengembung. Cabai Habanero popular karena rasa yang demikian pedas. Cabai ini masuk grup nomor tiga cabai terpedas di dunia. Karena kelebihannya itu, sebagian orang tertarik membudidayakan cabai ini. Tingkat kepedasan cabai habareno mencapai 100. 000-350. 000 skala Scoville.

*Ingin dapat info terkini seputar dunia Pertanian & Perkebunan? Tepat sekali Sob, cepetan gabung disini bersama 40.000 temen petani & pekebun lainnya, silahkan klik disini FansPage “Pertanian & Perkebunan

System budidayanya juga tidak sulit, sama juga dengan cabai-cabai pada umumnya.
Cabai ini dapat tumbuh dengan baik pada suhu 15 derajat hingga 32 derajat celcius. Agar pertumbuhannya cepat, habanero harus peroleh cahaya selama 12 jam sehari. Namun, intensitas cahaya matahari harus diatur. Dalam arti, tidak dapat begitu panas.

Setelah usia persemaian mencapai satu bulan, bibit cabai habanero sudah bisa ditanam di polybag. Namun sebaiknya tanah di polybag sudah diberikan pupuk NPK. System pemberian pupuk baiknya dilanjutkan dua minggu sejak mulai ditanam di polybag.

Sebulan lantas harus diberikan pupuk lagi. Jika pemupukannya baik, pohon cabai bisa menghasilkan buah yang lebat. Sekali panen bisa mencapai 1/2 kg per pohon.

*Baca juga Cara Budidaya Jahe Merah Dalam Polybag Yang Baik & Benar
Langkah Menanam Biji Cabe Habanero :

Untuk persemaian, lebih mudah pakai tissue basah, rendam benih di air hangat2 kuku, dapat campur air bawang merah sdikit, , diamkan min 2 jam sampai 24 jam.
Setelah di rendam, pindahkan ke tissue yg sdh basahi tapi jgn terlalu basah, tutupi benih dgn selembar tissue yg sdh di basahi sdikit.

banner-selang-plastik

Tempat semai bisa pakai tempat seperti tupperware, tutup rapat, simpan d tempat gelap dan sebaiknya sedikit hangat.
Masing-masing 3-4 hari sekali di cek, apabila sdh ada yg sprout dapat selekasnya pindahkan ke polybag, pot atau tray semai.
untuk media tanam tanah+kompos+sekam (sekam bakar apabila ada) , perbandingan 1 : 1 : 1, usahakan media tanam tidak buat air sampai tergenangi krn cabe gemari air tapi tdk gemari apabila sampai tergenangi.
Simpan di tempat yg tdk diserang panas matahari secara langsung, cukup terserang matahari teduh, jgn lupa di siram min 2x sehari, tapi saksikan saja kondisi tanahnya, kalau masih basah, kadang-kadang belum perlu di siram.

Untuk memudahkan pada waktu persemaian bisa menggunakan media tanam polybag, kebutuhan polybag bisa langsung hubungi kami di 087702821277 / 081232584950 / 085233925564. Untuk cek harga polybag bisa klik DISINI

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s