Tutorial Membuat Greenhouse Kekinian, Lengkap!!

green-house-3Apa sajakah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk bikin green house?
Saat akan bikin green house kadang-kadang kita di hadapkan pada sebagian pilihan bahan. Bahan paling utama yang dibutuhkan untuk bikin green house pastinya bergantung pada design, keadaan lingkungan serta ongkos yang kita punya.

Di Indonesia greenhouse atau yang lebih di kenal dengan arti tempat tinggal tanaman (kumbung) dilihat dari bentuknya, bahan bangunan serta sistem kontrolnya begitu bermacam. Sebenarnya pembangunan greenhouse belum seutuhnya sesuai dengan iklim ditempat di bangunnya greenhouse. Hingga harapan terpenuhinya jumlah, kwalitas serta kontinyuitas produksi belum maksimal.
*Baca Juga Plastik UV Untuk Pengeringan Kacang, Dijamin Praktis!

Tetapi pada intinya bahan-bahan yang bisa di pakai untuk bikin green house yaitu seperti berikut :

  • Kerangka Green House
    Kerangka green house bisa di buat dari beragam material, seperti : Besi/baja ringan tahan karat. Green house yang dibangun untuk kepentingan jangka panjang baiknya memakai kerangka berbahan pipa besi atau baja ringan anti karat (BRC). Dengan bahan besi ini dijamin lebih kuat terhadap terpaan angin serta pergantian cuaca.
  • Penutup Green House
    Pada intinya material penutup green house yaitu berbahan yang tembus sinar matahari, mengingat semuanya type tanaman tidak bisa hidup tanpa ada sinar matahari. Sinar yang di perlukan tanaman rata-rata dengan panjang gelombang sekitaran 400 – 700 nanometer (Photosynthetically Active Radiation)

Material penutup green house yang tembus sinar itu bisa memiliki bahan dari kaca ataupun plastik. Tetapi untuk pemakaian kaca sedikit digunakan lantaran sifatnya yang gampang pecah serta pemasangannya butuh ongkos yang tinggi.

UV (Ultraviolet) Additive
uv1Bahan tersebut dapat tingkatkan ketahanan plastik pada matahari saat digunakan untuk penutup greenhouse. Banyak kandungan UV additive pada plastik sudah diputuskan sama seperti kegunaanya sebagai penutup greenhouse, sampai plastik ini bisa tahan pada bermacam cuaca dan iklim. Dan plastik UV ini memiliki keunggulan lainnya yang tidak kalah saing dengan plastik lain. Harganyapun lebih terjangkau dan kualitasnya tidak buruk.
*Ingin Dapat Info Terbaru Tentang Pertanian & Perkebunan? Gabung DISINI

  • Bahan/Perlengkapan Pendukung Green House
    Terkecuali bahan paling utama dalam pembangunan green house, di butuhkan juga perlengkapan pendukung seperti :

thermohygrometer1. Alat pengukur suhu (Thermohygrometer)
Alat pengukur suhu seperti thermometer di pakai untuk mengukur serta memantau suhu ruang green house, supaya bisa di capai suhu yang dinginkan.

2. Alat pengukur Kelembaban
Alat pengukur kelembapan biasa di pakai higrometer dibutuhkan untuk mengetahui kelembapan hawa didalam green house, apakah telah sesuai sama seperti yang diinginkan tanaman yang ada di dalamya.

pengukur-cahaya3. Alat Pengukur Sinar Matahari
Sebagian tanaman menginginkan intensitas sinar matahari yang sedikit atau tanaman 1/2 teduh hingga alat pengukur caahaya matahari di butuhkan untuk tahu efektifitas penutup green house menyaring keperluan cahaya matahari.

sprinkle4. Alat untuk penyiraman (Sprinkle)
Alat penyiraman tanaman seperti gembor, selang, springkle, pipa PVC serta pompa air listrik dipakai untuk penyiraman tanaman dengan cara parsial atau masal manfaat penuhi keperluan air untuk tanaman.

alat-penyemprot-hama5. Alat Penyemprot Pestisida
Walupun keadaan tanaman sudah terlindung didalam green house, namun peluang serangan hama mungkin berlangsung. Karenanya perlengkapan penyemprotan hama butuh disediakan supaya bila ada serangan hama setiap saat bisa diatasi dengan cepat.
*Baca Juga Penahan Hama Tanaman Hias Greenhouse 

UV Plastik 6% dan 14%
Plastik ultraviolet merupakan plastik yang di desain khusus untuk memproteksi sinar UV ,LIM CORPORATION menyediakan plastik uv (ultraviolet) protector ,sebagai berikut: 
– Plastik UV Lokal merk Hercules 6% dan 14% Uk. 3m x 100m x 200micron
– Plastik UV Import merk Vatan 14% Uk. 6m x 60m x 200micron dan Uk. 8m x 45m x 200micron.
Info harga sms/call: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564. Info selengkapnya silahkan klik saja DISINI

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s