Cara Lengkap dan Mudah Budidaya Mentimun Secara Hidroponik

Budidaya Mentimun.jpgMentimun atau biasa disebut timun memiliki manfaat yang banyak sekali. Timun sangat disukai sebagai bahan rujakkan atau gado-gado. Alangkah senangnya jika kita bisa memetik sendiri dari kebun di halaman rumah. Pasti rasanya jauh lebih segar di bandingkan beli di pasar.
Dengan cara hidroponik, tanaman mentimun mampu menghasilkan banyak buah dan relatif lebih jarang terserang hama penyakit. Bertanam dengan cara ini juga lebih bersih dan dapat mendatangkan kesibukan baru yang menyenangkan.

Menanam mentimun secara hidroponik ternyata sederhana dan tidak membutuhkan pengetahuan pertanian yang canggih. Yang diperlukan hanya ketelitian dalam merawat tanamannya. Beikut proses penanaman timun hidroponik :

A. Penyeleksian Bibit
Penyeleksian bibit sangat penting sebelum membudidayakan tanaman mentimun. Penyeleksian bibit atau benih yang berkualitas akan menentukan hasil yang maksimal. Benih yang di pilih berupa sehat, bebas dari hama, berasal dari indukan yang banyak menghasilkan buah serta pertumbuhan yang cepat.

Memakai media ini bibit harus di semai terlebih dahulu. Dengan media persemian sederhana seperti biasanya hingga mempunyai akar kecil atau berkecambah. Selanjutnya bisa langsung di pindahkan kedalam media hidroponik.

B. Pengelolahan media tanam
Dalam proses pengelolahan media tanam dengan cara hidroponik ini terdapat beberapa yang wajib di ketahui berupa arang sekam, pasir, gambut, gabus ( steropom ) dan lainnya tergantung dengan petani memakai sistem hidroponik yang mana. Namun yang lebih mudah dan sangat baik di gunakan dengan memakai abu sekam atau arang sekam dengan ketimun-hidroponikmedia ini bisa memberikan kemudahan untuk membuat hidroponik.

Pengerjaan media tanam ini membutuhkan alat bahan berupa pot plastik kecik, pipa paralon, air secukupnya larutan nutrisi, ajir sebagai pelindung, kertas sebagai menganjal dan gunting atau pembolong. Berikut cara membuat media tanam dengan hidroponik:

  • Pembuatan media pot plastik hidroponik : Langkah pertama siapkan terlebih dahulu pot plastik kecil yang di lubangi pucuknya sedikit dengan diameter 1-2 mm, atau lebih.
    Selanjutnya masukkan arang sekam kededalam pot plastik kecil, dan diganjalkan kertas yang mudah larut, supaya abu sekam tidak tumpa. Sisihkan.
  • Pembuatan media air hidroponik : Langkah berikutnya siapkan pipa paralon panjang 1-2 meter atau tergantung dengan pemilik, selanjutnya lubangi di setiap bagian dengan jarak 10-15 cm dengan besar lubang sesuai dengan pot plastik kecil.
  • Selanjutnya, lakukan penutupan ujung kanan dan ujung kiri pipa paralon dan berikan larutan nutrisi yang telah disiapkan kedalam pipa paralon.
  • Setelah itu pembuatan ajir dapat di lakukan dengan menggunakan besi, bambu maupun almunium. Pembuatan ini banyak sekali tipe dan ragam, namun mempunyai tujuan yang sama. Bentuk ajir ini bisa berbentuk vertikal ataupun horizontal yang menyokong tanaman.
  • Lakukan ini di tempat yang terkena cahaya matahari, sebab tanaman mentimun sangat memerlukan fotosintesis untuk pertumbuhannya.

# Simak Juga Teknik Budidaya Bonsai Yang Baik dan Bagus


C. Penanaman tanaman

Penanaman tanaman mentimun dengan hidroponik ini memanglah mudah dan sederhana yaitu sebagai berikut.

  • Carilah bibit yang telah disemaikan tersebut yang berkualitas atau yang telah memiliki akar yang sangat banyak.
  • Selanjutnya bibit atau benih di masukan kedalam media pot plastik yang telah di masukkan abu sekam denmentimun-hidroponikgan kedalaman 1-2 cm.
  • Setelah itu, pot plastik kecil di letakan kedalam lubang yang telah disiapkan di pipa paralon.
  • Dalam penempatan lubang sebaiknya pot mengenai air atau larutan yang sudah diisi di pipa paralon.
  • Setelah itu lakukan perawatan media ini dengan sangat baik.

D. Pemeliharaan tanaman
Pemeliharaan tanaman hidroponik yakni berupa penyulaman, penyiangan, penyiraman, pemupukan, pengajiran serta pengendalian hama dan penyakit.

  • Penyulaman ini dikerjakan saat tanaman sudah di tanam tidak tumbuh dan mengantikan tanaman yang baru.
  • Penyaingan dikerjakan dengan membersihkan gulma atau tanaman lainnya di sekitar tanaman.
  • Pemupukan dengan memberikan pupuk yang telah di cairkan kedalam pipa paralon.
  • Penyiraman bisa dilakukan juga bisa tidak dilakukan, dengan menggunakan sistem tetes pada tanaman.
  • Pengajiran ini dikerjakan dengan menggunakan besi, bambu, kayu, alumunium atau lainnya dengan panjang 1-2 meter atau lebih.
  • Pengendalian hama dan penyakit bisa dikerjakan dengan penyemprotan herbisida, fungisida dan insektisida sesuai dengan petunjuk.

E. Pemanenan tanaman
Tanaman mentimun secara hidroponik bisa di panen saat berumur 2- 3 bulan tergantung dengan pertumbuhan dan varietesnya. Pemanenan ini dikerjakan dengan memetik buah secara langsung atau juga bisa dengan alat bantuan berupa gunting atau pisau pada tangkai buah. Pemanenan ini lebih baik dilakukan pada sore dan pagi hari, dengan tujuan agar dapat menjaga kualitas pada tanaman dan buah mentimun.

cropped-Plastik-UV-Green-House-2.jpg

Untuk info harga plastik UV terupdate silahkan klik DISINI dan pemesanannya bisa melalui SMS/Call/WA: 0877-0282-1277 (XL) atau 0852-3392-5564 (As) atau 08123-258-4950 (Simpati). Phone/Fax: 031-8830487 dan melalui Email: limcorporation2009@gmail.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s