Cara Jitu Memperoleh Bibit Mangga Unggul Dengan Mudah

bibit-mangga

Buah Mangga ialah tanaman buah tahunan yang berasal dari negara India. Tanaman ini lalu menyebar ke wilayah Asia Tenggara termasuk Malaysia serta Indonesia. Jenis mangga yang sering dibudidayakan di Indonesia ialah mangga harum manis, golek, gedong, manalagi serta cengkir serta jenis Mangifera foetida, yaitu kemang serta kweni. Masing-masing jenis mangga memiliki keunikan baik dari aroma, daging atau tekstur buah serta rasa.Untuk memulai budidaya mangga, diperlukan beberapa persiapan,seperti mencari bibit yang unggul.Kali ini Saya akan menunjukkan bagaimana cara mendapat bibit tanaman mangga.Ada beberapa cara dalam memperoleh bibit tanaman mangga. Metode yang umum dilakukan untuk mendapat bibit mangga adalah :

*Baca Juga : Cara Mudah Budidaya Kentang Dengan Hasil Maksimal 

1. Dengan Biji

a. Biji buah mangga dipilih dari tanaman yang sehat, kuat serta buahnya berkualitas. Biji dikeringkan serta kulitnya dibuang.

b. Lalu persiapkan kotak persemaian ukuran 100 x 50 x 20 cm3 dengan media tanah serta pupuk kandang (1:1), biji kemudian ditanam pada jarak 10-20 cm. Dapat pula mangga disemai dikebun dengan jarak tanam 30 x 40 atau 40 x 40 cm di atas tanah yang gembur. Persemaian diberi penutup dari plastik UV/sisa tanaman, serta jangan sampai udara di dalam persemaian menjadi terlalu lembab.Penanaman dengan metode ini, biji ditanam dengan perut ke arah bawah supaya akar tidak bengkok. Selama penyemaian, bibit tidak boleh kekurangan air. Pada umur 2 minggu bibit akan berkecambah. Jika dari 1 biji terdapat lebih dari 1 anakan, sisakan hanya satu yang benar-benar kuat serta baik.Tahap selanjutnya bibit di kotak persemaian harus dipindah lalu ditanamkan ke dalam polybag jika tingginya sudah mencapai 25-30 cm.Proses penyeleksian bibit dilakukan pada umur 4 bulan, bibit yang lemah serta tumbuh tidak wajar dibuang. Pindahkan lalu tanam ke kebun jika bibit telah berumur 6 bulan.

2. Dengan Okulasi

Untuk mendapat bibit terbaik ialah menggunakan cara okulasi (penempelan tunas dari batang atas yang buahnya berkualitas ke batang bawah yang struktur akar serta tanamannya kuat). Batang bawah untuk okulasi adalah bibit di persemaian yang sudah berumur 9-12 bulan. Setelah penempelan, stump (tanaman hasil okulasi) dipindahkan ke kebun pada umur 1,5 tahun. Okulasi bagusnya dilakukan saat musim kemarau supaya bagian yang ditempel tidak membusuk.

*Baca Juga : Budidaya Selada Di Pekarangan Rumah Ternyata Mudah Loh…  

3. Dengan Pencangkokan

Pencangkokan dilakukan pada batang dengan kriteria tertentu. Batang yang akan dicangkok memiliki diameter 2,5 cm serta berasal dari tanaman berumur 1 tahun. Panjang sayatan cangkok adalah 5 cm. Setelah sayatan diberi tanah serta pupuk kandang (1:1), lalu dibungkus dengan plastik atau sabut kelapa.

Itulah tadi cara mudah mendapat bibit pohon mangga.Silahkan mencoba cara-cara tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s