Cara Menanam Buah Strawberry Di Polybag Atau Pot Dengan Mudah

Buah strawberry bukan hanya digunakan untuk makanan cucimulut saja, namun juga bisa untuk pengobatan, kecantikan, kesehatan dan bahkan untuk sambal dan di jadikan bahan nasi goreng. Manfaat yang ada dalam buah ini sangat banyak sekali dan banyak mengandung vitamin yang sangat baik sekali untuk tubuh kita.Strawberry merupakan buah dari tanaman herba yang memiliki rata-rata 200 biji kecil per satu buah Terdapat lebih dari 700 spesies strawberry, dan salah satu spesies bernama Fragaria chiloensis L menyebar ke berbagai negara Amerika, Eropa dan Asia dan Indonesia.

Baca Juga : Cara Budidaya Cabai Agar Cepat Berbuah

Pengetahuan Syarat tumbuh strawberry

Semua tanaman membutuhkan media tanam yang subur, anda harus menyediakan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman strawberry yang hendak ditanam. Strawberry tumbuh subur pada suhu sekitar 17C – 20C, namun jangan terlalu dingin batas yang terdingin untuk tanaman ini adalah 4C – 5 C.
Strawberry membutuhkan sinar matahari selama 8 jam penuh. Curahujan berkisar 600 – 700 mm/tahun, dan menghendaki ketinggian pada 500 sampai 1300 mdpl (di atas permukaan laut).

Penanaman Strawberry Dalam Polybag atau Pot
Strawberry biasanya banyak ditemukan didaerah dataran tinggi, namun jika anda ingin menanamnya dirumah, anda bisa melakukan penanaman strawberry dengan menggunakan polybag ataupun pot. Berikut adalah cara menanam strawberry strawberry dalam polybag atau pot:

Cara I
Siapkan dahulu pot atau polybag yang akan dijadikan tempat tanam Dan juga media tanam. Media tanam dibuat dari campuran tanah dengan pupuk kompos atau bokashi dengan perbandingan 2:1, setelah tercampur tambahkan juga furadan dan aduk kembali hingga tercampur merata, kemudian masukkan media tanam tersebut pada polybag atau pot, kemudian basahi media tanam yang sudah dimasukkan dalam pot atau polybag tersebut dengan menyiramnya dengan air. Barulah setelah itu lakukan penanaman.
Cara II
Siapkan polybag atau pot dan media tanam. Buatlah media tanam berupa campuran dari tanah, pupuk kandang dan arang sekam padi, Setelah tercampur diamkan selama sekitar 1 jam. Setelahh itu, tanam dan masukkan bibit dan media tanam pada pot atau polybag.

Perawatan Tanaman Strawberi

* Penyiraman
Lakukan penyiraman sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari dan apabila telah tumbuh penyiraman dapat dilakukan sehari sekali atau 2 hari sekali. Penyiraman jangan terlalu banyak karena dapat menyebabkan tanaman layu.
Penyulaman
Jika ada tanaman yang mati, maka lakukan penyulaman dengan mengganti tanaman tersebut dengan tanaman yang baru.
Pemupukan
Lakukan pemupukan seminggu sekali dengan dosis sekitar 20-25 g/tanaman. Pupuk yang digunakan adalah pupuk NPK atau juga pupuk organik/kandang.

* Pemanenan
Strawberry dapat dipanen setelah 2-4 bulan setelah penanaman bibit tanaman strawberry atau tepatnya sekitar 2 minggu setelah tanaman berbunga. Buah yang siap panen memiliki warna buah dengan kombinasi warna merah serta buahnya sudah kenyal. Setelah pemanenan pertama, panen selanjutnya dapat dilakukan seminggu 2 kali atau 3 hari sekali.

Baca Juga : Cara Lengkap dan Mudah Budidaya Mentimun Secara Hidroponik

Demikian Pembahasan Tentang “Cara Menanam Strawberry Dalam Polybag Atau Pot Dengan Mudah Dan Praktis “. Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog Kami. Semoga Bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s