Cara Budidaya Mawar Dengan Benar

Bunga Mawar ialah tumbuhan semak dari genus Rosa dan nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar yang terdiri lebih dari 100 spesies kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Pada umumnya bunga mawar merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter. Tanaman ini memiliki warna kelopak bunga beraneka ragam mulai dari merah, ungu, hitam dan bahkan campuran beberapa warna. Disamping itu kelopak bunganya juga semakin variatif, dari yang berkuntum tunggal, ganda sampai yang bertumpuk.

Bunga mawar telah menyandang gelar dengan sebutan si “ Ratu Bunga ” karena hampir semua orang menyukai dan mengenal bunga mawar. Rosaceae adalah nama lain bunga mawar yang merupakan tanaman dari Ordo Rosanales.

** Cara Berkebun atau Menanam Bunga Mawar yang baik

Bunga mawar dapat tumbuh di daerah beriklim panas, medium bahkan dingin. Menanam bunga mawar sangatlah mudah karena bunga ini tidak memerlukan perawatan yang khusus.

Media tanam yang diperlukan adalah drainase/pengairan yang baik tanah humus dan tanah humus, dimana bunga ini kurang subur jika ditanam pada media yang terlalu gembur dan berpasir. Penyinaran matahari yang cukup akan membuat pohon ini rajin berbunga dan tumbuh subur. Melalui teknik stek, okulasi, cangkokan, membelah anakan dan biji, bunga mawar bisa diperbanyak. Cara paling praktis ialah teknik stek.

Selain memerlukan penyinaran matahari yang cukup,
Lakukan pemangkasan secara teratur agar muncul tunas baru dan tidak lupa untuk diberi pupuk perangsang bunga. Sebaiknya pemangkasan dilakukan pada waktu musim hujan karena akan membuat kuncup bunga yang baru bermunculan dan tunas akan segera tumbuh.

Baca Juga : Cara Mudah Budidaya Cabai Keriting

** Cara menanam Bunga Mawar di dalam Pot Bunga :

  •      Gunakan pot dari tanah liat, tembikar atau semen cor, jangan pot dari plastik sebab pot ini tidak berpori dan lembab sehingga akar mudah busuk dan kurang persediaan oksigen.
  •     Perbandingan Media tanam antara tanah adalah 1:1:1/4, pasir halus dan pupuk kandang. Bilamana anda cukup telaten, disyarankan untuk mengkukus dulu media tanam agar mikroorganisme pembusuk mati dan mawar terbebas dari penyakit.
  •     Potongan batu kecil atau batu bata sangat dibutuhkan di dasar pot agar kelebihan air siraman dapat segera keluar.
  •   Pemotongan akar dan penggantian media tanam setiap 1-2 tahun sekali agar tanaman tumbuh sehat dan subur. Bunga mawar ini dapat tumbuh hingga berumur diatas 10 tahun dan juga bisa berbunga sepanjang tahun bila anda merawatnya dengan kasih sayang.

** Cara Agar Bunga Mawar Potong Tahan Lama
Berikut ini adalah Tips untuk memperlama kesegaran bunga mawar yang sudah di potong  :

  •     Yang membuat bunga mawar cepat layu dan tidak dapat bertahan lama setelah pemotongan karena adanya bakteri pembusuk yang menempel pada tangkai bunga yang berkembangbiak dan menyumbat saluran vaskuler. Untuk membasmi bakteri ini kita perlu asam benzoate yang ditambahkan pada air agar bakteri mati dan pembusukan dapat diperlambat. boleh juga anda tambahkan 3 tetes cairan pemutih kain per 1 liter air.
  •  Dengan merendahkan air dengan pH ideal dengan menambahkan asam sitrat 200 mg per 1 liter air dapat menghindari dehidrasi. Bunga potong dapat menyesap air secara optimal dengan pH 3,5-4,5. Untuk memperpanjang kesegarannya bunga potong harus terpenuhi nutrisi yang didapat dari kapiler tetapi, anda juga bisa menambahkan 1 sdt gula pada 1 liter air penggenangan.
  •     Gunakan vas dari kaca, keramik atau plastik, jangan gunakan vas bunga yang berbahan logam karena logam mengandung ethylene dan biasanya bunga sensitif terhadap kandungan tersebut.

Anda perlu memotong pangkal batang menyorong sehingga didapatkan penampang batang lebih besar. Dengan cara ini maka batang potong lebih optimal untuk menyerap air.
Supaya supply makanan dapat terpenuhi Potong daun yang anda anggap tidak perlu.

** Khasiat bunga Mawar.

Bunga mawar memiliki khasiat sebagai obat alami.  Banyak restoran di bangkok yang menyuguhkan menu andalan dari bahan bunga ini. Bunga ini memiliki beberapa khasiat dan aman untuk dikonsumsi.  limonene dan geraniol ialah kandugan dari Bunga mawar yang berada pada minyak atsiri yang berfungsi sebagai antiseptik, pembunuh jamur candida albican penyebab keputihan dan menambah daya tahan tubuh. wangi bau bunga mawar juga kerap digunakan sebagai aromaterapi yang berguna untuk menenangkan dan juga meningkatkan mood.
Daun kelopak bunganya yang kering juga dapat untuk mengharumkan teh dengan cara mencampurkan  beberapa daun kelopak bunga mawar yang kering bersama rebusan teh kemudian di saring.

** Bunga mawar termasuk salah satu jenis bunga yang digunakan untuk lambang romantisme, atau melambangkan ungkapan rasa kasih sayang kepada seseorang.
Ciri-ciri bunga mawar umumnya bisa dilihat dari bentuk bunga yang punya mahkota dengan jumlah 5 helai dengan ragam warna. Bunga mawar memiliki batang yang berduri dan permukaan batangnya licin. Warna dari bunga mawar juga sangat beragam. Warna pada setiap bunga mawar ternyata memiliki arti yang berbeda. Berikut ini arti bunga mawar berdasarkan warana bunganya.

Bunga Mawar Merah.
Arti bunga mawar merah menunjukkan ungkapan rasa cinta sejati, kesucian, kemurnian hati, dan keanggunan. seandainya bunga ini dikasihkan kepada seseorang yang kita cintai, maka dia akan yakin bahwasannya dia memang mecintai dirinya.

Bunga Mawar Merah Muda.
Arti bunga mawar merah muda menunjukkan kebahagiaan, rasa hormat, lembut, dan pujian kepada orang yang diberikan bunga ini. Apabila warna pink atau merah mudai ini bisa diartikan dengan uangkapan kekaguman, disamping itu warna pink atau merah muda yang lebih tua diartikan dengan rasa berterima kasih kepada seseorang.

Bunga Mawar Kuning.
Arti bunga mawar kuning menunjukkan rasa solidaritas yang tinggi, kekeluargaan, ceria, dan gembira. Bunga mawar dengan warna kuning sangat cocok untuk dijadikan hadiah kejutan kepada teman, sahabat, atau keluarga yang sangat kita cintai.

Bunga Mawar Putih.
Warna putih pada bunga mawar menunjukkan rasa cinta sejati, suci, kemurnian hati, dan anggun. Bunga mawar putih ini cocok diberi kepada sahabat karena warna putih ini melambangkan persahabatan sejati.

Baca Juga : Menarik! Berikut Tutorial Mudah Mencangkok Tanaman Jambu Biji

** Berikut Sedikit Tips Untuk Merawat Bunga Mawar :
– Tidak lupa berikan pupuk kandang atau pupuk buatan. Pemberian pupuk dikerjakan lewat cara disebar sampai rata dengan tanah supaya terserap sampai ke akarnya.
– Jika ada daun yang mulai kering, gunakan metode pemotongan serong menggunakan gunting khusus yang memiliki kualitas tajam.
– Hindari bunga mawar dari cahaya matahari langsung. upayakan menggunakan jaring atau penadah plastik putih diatas tempat anda menanam bunga mawar.

Demikian Pembahasan Artikel Tentang ” Cara Budidaya Mawar Dengan Benar “. Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog Kami.

Semoga Bermanfaat :)…

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s