Tips & Trik Menanam Pohon Manggis Manis Dengan Tepat

Manggis atau Garcinia mangostana L merupakan pohon hijau abadi dari daerah tropika yang dipercaya berasal dari Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. Buah manggis dalam penjualan dikenal dengan sebutan “ratu buah”, sebagai pasangan durian, si “raja buah”. Buah ini mengandung aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia.

  •  Pada kulit manggis terdapat kandungan Xanthone yang bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatn tubuh kita, antara lain :

1. Mencegah penyakit kanker
2. Mengurangi resiko penyakit jantung
3. Obat awet muda alami
4. Mengatasi penyakit kulit
5. Mengatasi gangguan saat menstruasi
6. Obat jerawat
7. Meningkatkan daya tahan tubuh
8. Menurunkan kadar kolesterol jahat
9. Menurukan tekann darah tinggi

  •  Anda dapat mengolah kulit buah manggis dengan cara sebagai berikut :

1. Diolah Menjadi Teh
Membuat teh berbahan kulit manggis sangatlah mudah. Cuci bersih kulit-kulit manggis yang Anda punya kemudian potong kecil-kecil dan jemur dibawah sinar matahari sampai kering. Kmudian seduh dengan air hangat dan campurkan dengan madu atau gula batu untuk mengurangi rasa sepet kulit manggis tersebut.

2. Diolah Menjadi Jus
Apabila anda tidak ada waktu untuk menjemur atau cuaca sedang musim penghujan, anda dapat membuat kulit manggis menjadi jus dengan cara sebagai berikut, pilih kulit manggis yang masih segar dan potong kecil kulit buah manggis, lalu masukan blender dan campurkan dengan sedikit air dan madu untuk menghilangkan rasa sepat.

3. Diolah Menjadi Ekstrak Kulit Manggis
Selain membelinya, Anda tentu dapat membuat sendiri ekstrak kulit manggis. Caranya sangat mudah yaitu cuci bersih kulit manggis, kemudian potong tipis-tipis lalu jemur dibawah sinar matahari hingga kering. Apabila kulit manggis yang dijemur tadi sudah kering dan tidak berjamur anda dapat langsung membuat serbuk kulit manggis dengan cara memblender ataupun menumbuk. Setelah itu simpanlah dalam toples yang kering dan kedap udara.Anda dapat menyeduh beberapa sendok teh bubuk kulit manggis jika ingin menikmatinya ekstrak kulit manggis. Dengan mencampurkan bubuk kulit manggis dan air panas seperti sedang membuat kopi dan tidak lupa untuk memberi beberapa tetes madu atau gula rendah kalori untuk memberi rasa manis.

4. Direbus
Cara mengolah kulit manggis yang satu ini sangatlah praktis dan mudah. Ambil beberapa kulit manggis yang kering lalu rebuslah dengan air mendidih hingga air rebusan berubah warna menjadi lebih gelap. Jika air rebusan sudah berubah warna, kemudian saringlah dan tuangkan pada gelas. Nikmati rebusan air kulit manggis tersebut dengan sedikit gula batu agar terasa lebih manis.

5. Dibuat Wedang Kulit Manggis
Membuat kulit manggis menjadi wedang adalah cara mudah pengolahan kulit manggis. Siapkan beberapa buah kulit manggis yang masih segar lalu kerik daging kulitnya dan taruh kerikan kulit manggis tersebut kedalam gelas dan seduh dengan air panas atau Anda bisa merebusnya sebentar lalu nikmati wedang kulit manggis ini dengan menambahkan gula batu ataupun madu.

Untuk menjadikan kulit manggis sebagai obat anda harus memilih buah manggis yang apik dan masih segar. Untuk anda yang ingin menanam buah manggis sendiri , berikut langkah yang harus dilakukan :

Baca Juga :
Mengenal Hama Tanaman Kedelai & Cara Pengendaliannya
Budidaya Jagung Hibrida
Teknik Jitu Mengendalikan Hama Keong Mas Pada Tanaman Padi
Bertanam Padi Gogo di Tempat Tidur dan Tempat Tadah Hujan?

  •  Syarat Tumbuh Buah Manggis

1. Iklim

Untuk budidaya buah manggis ngin sangat berperan karna untuk membantu penyerbukan bunga dan tumbuhgnya buah. Tapi angin yang baik tidak terlalu kencang. Daerah yang memiliki curah hujan tahunan 1.500 – 2.500 mm/tahun dan merata sepanjang tahun. Dengan temperatur udara yang ideal berkisaran 22-32 C ialah daerah yang cocok untuk budidaya manggis.

2. Media Tanam

Tanah yang mengandung bahan organik serta memiliki karaterikstik gembur dan subur adalah tanah paling cocok untuk budidaya manggis. Derajat keasaman tanah (pH tanah) ideal untuk budidaya tanaman manggis adalah 5-7. Untuk perkembangan tanaman manggis membutuhkan daerah dengan drainase baik.

3. Persiapan Tanam
– Usahakan lahan tidak terlalu terkana sinar matahari. Oleh karena itu tidak perlu menebang seluruh pohon yang ada kecuali yang mengganggu tanaman manggis berkembang.
– Jarak tanam manggis 8 X 10 m atau 10 X 10 m.

4. Ketinggian Tempat

Pohon manggis dapat tumbuh di daerah dataran rendah sampai di ketinggian di bawah 1.000 m dpl. Pertumbuhan terbaik dicapai pada daerah dengan ketinggian di bawah 500-600 m dpl.

5. Pembuatan lobang

– Lobang dibuat dengan ukuran Panjang : 50 cm, Lebar : 50 cm, Dalam : 50 cm
– Jumlah pupuk organik yang diberikan tergantung pada kesuburan tanah. Sebelum lobang ditutup dengan campuran tanah galian dengan bahan organik, lobang harus dibiarkan terbuka selama 1-2 minggu.

6. Penanaman

– waktu tanam yang baik adalah awal musim hujan
– Penanaman hanya sampai leher akar.
– Pembuatan naungan.

7. Pemeliharaan

– Karena tanaman manggis tidak tahan terhadap sinar matahari maka perlu dibuatkan naungan untuk melindungi pohon manggis.
– Tanaman manggis diberi tempat naungan sampai berumur ± 2 tahun.
– ukuran naungan adalah sbb: panjang 60 cm, lebar 40 cm, tinggi 75 cm

*Untuk pertumbuhan vegeratif yang baik, maka setiap pohon harus diberi 100-200 gram urea setelah satu bulan dari penanaman. Pemberian urea dilakukan setiap enam bulan sekali dan ditambah dengan pupuk kandang 20-30 kg/pohon. Dan pemberian pupuk NPK sebanyak 0,5 kg/pohon, diulang setiap enam bulan sekali apabila tanaman manggis sudah berbuah.
* Penyiangan. Penyiangan hanya dilakukan pada tanaman manggis yang terganggu dengan tumbuhnya tumbuhan parasit. Hal ini dikarenakan tanaman manggis tidak tahan terhadap sinar matahari langsung.
* Penyisipan. Lakukan penyisipan atau penggantian dengan bibit baru apabila tanaman manggis ada yang mati ataupertumbuhannya sangat pendek.

8. Pengendalian Hama dan Penyakit

* Ulat bulu. Hama ini melubangi daun.
Pengendalian :  Dengan melakukan penyemprotan insektisida Bayrusil 250 EC/Cymbush 50 EC dan konsentrasi 0.1-0.2 % serta menjaga kebersihan lingkungan dan

* Bercak daun. Bercak pada daun yang tidak beraturan berwarna abu-abu pada titik pusat.
Pengendalian : Dengan menyemprotkan fungisida Bayfidan 250 EC/Baycolar 300 EC dengan konsentrasi 0.1-0.2 % dan memotong bagian daun yang terserang penyakit dan.

* Kanker batang.  warna kulit batang & cabang berubah & mengeluarkan getah.
Pengendalian : Dengan menjaga kebersihan kebun, pemotongan tanaman yang sakit, penyemprotan fungisida Benlate untuk kanker batang, Cobox atau Cupravit bagi penyakit lainnya serta anda dapat memperbaiki drainase.

9. Penanganan Hasil

– Panen. Pemanenan harus dilakukan pada saat yang tepat yaitu pada waktu buah sudah masak. Warna ungu pada kulit manggis tanda apabila buah manggis sudah masak dan siap dipanen.
– Penanganan buah segar waktu panen buah tidak boleh terjatuh. Setelah panen buah yang rusak dengan yang baik perlu dipisahkan. Apabila buah mengeluarkan grtah kuning dari kulit buah maka buah tersebut bisa dikatakan rusak.

* Buah yang baik dikelompokkan atas dasar ukuran buah yakni :
Mutu super yakni berdiameter buah 6,5 cm.
Mutu I yakni berdiameter buah 5,5 – 6,5 cm.
Mutu II yakni berdiameter buah 5,5 cm.

Buah yang dipetik dengan tangkainya pada suhu kamar dapat bertahan 2-3 minggu.

10. Pengolahan Hasil

Buah manggis dapat juga diolah hasilnya melalui:
– Pengalengan buah manggis
– Pengolahan saus manggis.

UV Plastik 6% dan 14%
Plastik UV adalah plastik yang di design khusus untuk memproteksi sinar UV, Lim Corporation menyediakan Plastik UV (Ultraviolet) Protector, sebagai berikut :
– Plastik UV Lokal merk Hercules 6% dan 14% Uk. 3m x 100m x 200micron
– Plastik UV Import merk Vatan 14% Uk. 6m x 60m x 200micron dan Uk. 8m x 45m x 200micron.
Info harga sms/call: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564. Info selengkapnya silahkan klik saja DISINI
Update harga plastik UV greenhouse silahkan klik DISINI.
Sedangkan Cara pemesanan silahkan langsung hubungi kami:
SMS/Call/WA: 08123-258-4950 / 0877-0282-1277 / 0852-3392-5564
Phone/fax: 031-8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

Demikian Pembahasan Artikel Tentang ” Tips & Trik Menanam Pohon Manggis Manis Dengan Tepat “. Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog Kami. Semoga Bermanfaat:)…

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s