Budidaya Paprika Hidropinik

Pada zaman ini metode pertanian hidroponik telah menjadi tren di masyarakat. Pertanian yang dilakukan dengan media air/non tanah ini dapat menghasilkan produk yang berkualitas prima. Produk-produk hidroponik selalu dicari oleh pasar terutama di kota-kota besar dan daerah-daerah pariwisata yang merupakan pengkonsumsi produk mewah dan berkualitas ini.

Sebelum melangsungkan penanaman pada tanaman paprika pastikan green house siap terlebih dahulu. Greenhouse paprika sebaiknya dibuat agak kuat dengan tiang utama beton atau besi yang kuat dan dibuat agak tinggi sekitar 4-5 meter. Itu dikarenakan paprika dapat tumbuh tinggi ke atas mencapai 6-7 meter tergantung dari perawatan. Greenhouse yang dibuat kuat juga bertujuan agar saat paprika berbuat greenhouse tidak roboh. Karena saat berbuah 1 pohon paprika dapat memiliki buah total dengan berat 2 kg. Greenhouse juga harus dalam kondisi bersih dan steril untuk mengurangi serangan hama dan penyakit. Setelah greenhouse siap baru kita melakukan penanaman.

Persiapan Bibit
Bibit (benih) paprika hidroponik tergolong mahal mencapai 3.000-5.000 per biji tergantung jenis dan merek. Oleh karena itu tahap pembibitan menjadi sangat penting untuk diketahui agar mengurangi resiko dan kerugian. Bibit yang baik akan menghasilkan tanaman yang baik pula. Benih paprika bisa di beli di toko – toko pertanian dengan berbagai jenis merek (Athena, Sany, Spartakus, Goldflame, Calvin, Insani, Chang dll) semua bibit tersebut bagus tergantung dari perawatan kita.

Baca Juga :
Manfaat Kantong Plastik Yang Sangat Penting
Cara Menanam Cabai Saat Musim Hujan
Cara Menanam Semangka Dalam Polybag Di Halaman Rumah
Budidaya Padi Organik Dengan Metode SRI

Benih terlebih dahulu direndam dengan air hangat kuku selama ± 30 menit, sambil menunggu kita bisa menyiapkan media semai yang akan digunakan. Basahi media dengan air bersih dan pastikan media basah sampai merata dan biarkan sesaat agar air siraman yang berlebihan menetes itu menunjukkan media tanam sudah jenuh dan siap digunakan.

Buatlah bolongan kecil – kecil pada rockwool-Grodan (apabila menggunakan Rockwool) atau lubang tanam jika menggunakan tre dan sekam bakar. Letakkan benih satu persatu pada setiap lubang dengan posisi calon lembaga (titik tumbuh menghadap kebawah ± 0,5 cm dengan menggunakan pinset, setelah semua benih disemai kemudian tutup dengan plastik mulsa agar suasana lembab dan hangat sehingga benih lebih cepat berkecambah.

Benih-benih tersebut ditaruh di lemari semai (germenation chamber), selama di lemari semai suhu optimal 20-25 ºC dengan RH 70%-90%. Suhu dan RH dapat diatur dengan cara memasang lampu jika suhu rendah dan Jika kelembaban rendah semprotkan air ke dalam lemari semai dengan menggunakan hand sprayer.
Benih akan berkecambah dalam waktu ± 7 hari, plastik mulsa dibuka kemudian bibit dipindahkan ke tempat yang ada sinar dengan tetap menjaga suhu dan kelembaban.

Bibit dengan koteledon tumbuh sempurna, dipindahkan ke polybag 15 x 15 cm yang telah dibasahi dengan larutan nutrisi (JORO A&B Mix atau merek nutrisi lain) dengan EC. 1 mS/Cm atau 700 ppm dan pH. 5.5 sampai 6.5. Pada saat pemeliharaan dipersemaian/pembibitan meliputi penyiraman 1-2 kali sehari (tergantung cuaca, fase pertumbuhan bibit, dan media yang digunakan), pengendalian hama dan penyakit selama di nursery misalnya trips, mite, leaf miner, rebah kecambah dll) dan yang tak kalah pentingnya adalah pengaturan kembali jarak antar tanam agar daun tanaman tidak saling menutupi. Bibit siap tanam ke greenhouse produksi setelah berumur ± 21 hari di polybag atau sudah berdaun ± 5 helai.

Persiapan Media Tanam Dan Penanaman
Media tanam yang digunakan pada budidaya paprika hidroponik adalah sekam bakar. Ada banyak media tanam yang dapat digunakan yang penting bersifat steril, aerasi dan porositas baik. Jadi media tanam dapat menahan air dengan optimal (tidak basah/kering). Kenapa sekam bakar lebih dipilih oleh para petani paprika hidroponik?, karena media ini murah, mudah didapat, mudah dibuat dan yang pasti steril dan memiliki aerasi dan porositas yang baik. Untuk skala komersil media yang murah sangat diperlukan karena dapat menekan biaya produksi. Polybag yang akan digunakan dalam media penanaman bisa berupa polibag ember (ukuran 50 cm) atau jenis polibag bantal (sleb). Untuk petani pemula sebaiknya menggunakan media polibag ember karena nutrisi yang diserap media tanam akan lebih baik dan akar dapat berkembang dengan lebih leluasa. Akan tetapi dari penggunaan media tanam ini memiliki kelemahan lebih mahal dibandingkan sleb karena menggunakan sekam bakar lebih banyak dan harga polibag ini lebih mahal.

Panen
Keunggulan budidaya paprika hidroponik adalah umur panen yang relatif panjang dan produk yang dapat dipertahankan kesegaranya relatif lebih lama. Beberapa tips yang dapat dilakukan adalah.
1. Supaya tumbuhan paprika dapat berbuah awet dan dapat dipanen dalam jangka waktu yang panjang. Buah petama dari cabang pertama dipanen hijau jangan dibiarkan menjadi merah atau kuning. Hal tersebut akan mengurangi beban tanaman saat tanaman masih muda itu membuat tanaman akan hidup lebih lama.
2. Jika terjadi serangan penyakit yang berat, sebaiknya paprika juga di panen hijau. Karena meringankan beban dari tanaman. Selepas tanaman sehat barulah paprika dapat dipanen hingga merah atau kuning (masak fisiologis).
3. Saat melakukan panen gunakan cutter/pisau yang tajam sehingga tidak melukai pangkal tangkai buah.Jika terluka tanaman dapat stress dan pertumbuhan buah berikutnya tidak normal.

Kami Lim Corporation juga menjual Bantal Silikon, Kantong Sampah, Karung Beras Dan Kami juga menjual alat – alat Pertanian & Perkebunan. Untuk info lebih lanjut klik -> DISINI <- Atau anda juga bisa hubungi kami di : SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277 . Call dan WA hanya dilayani pada jam kantor pukul 08.15 -16.00 WIB

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s