5 Cara Budidaya Tanaman Lidah Mertua, Dengan Mudah & Sederhana

Lidah mertua adalah tumbuhan apotek hidup yang lumayan populer baik nama ataupun faedahnya. Orang-orang di Indonesia memakai tumbuhan ini baik cuma untuk hiasan pada ruang tamunya maupun mempergunakan fungsinya untuk tanaman sebagai kesehatan, kecantikan atau lainnya.

Berikut ini tips-tips penting saat menanam lidah mertua supaya tumbuh subur serta indah, yaitu antara lain :

1. Pakai Media Tanam Yang Ideal

Tanaman ini memiliki daun yang cukup tebal serta terdapat kandungan air sukulen. Lidah mertua dapat hidup pada tanah dengan kondisi yang kering serta tumbuh subur ketika dibudidayakan pada keadaan yang lembab. Tetapi lidah mertua tidak menyukai media tanam yang terlalu berpasir. Oleh sebab itu Anda dapat memakai media tanam yang berasal dari campuran tanah humus, sekam padi, pasir, serta pupuk organik memakai perbandingan yaitu 1:1:1:1. Perpaduan bahan media tanam yang selaras mungkin dapat mengikat kandungan air dalam jumlah angka yang lumayan.

2. Penentuan Pot Yang Tepat

Tak masalah kalau Anda membudidayakan lidah mertua dengan cara langsung di taman. Namun keindahan tumbuhan ini bakal nampak lebih unik ketika ditanam pada pot. Supaya lidah mertua bisa berkembang dengan normal, penentuan pot perlu memerlukan aspek yang sesuai dengan varietas tumbuhannya, keindahan penampilan. Dianjurkan menggunakan pot dari keramik sebab bahannya mempunyai pori-pori, memiliki estetika tinggi, serta kuat/kokoh. Letakkan alas seperti pecahan genteng maupun sabut kelapa di dalam pot guna menahan media tanam supaya tak gampang hanyut.

3. Kerjakan Perkembangbiakan Secara Berkala

Tanaman lidah mertua tergolong gampang untuk dikembangbiakkan. Karena itu, pemindahan pot dikerjakan tiap 2x setahun jadi pertumbuhan tanaman tiap pot selalu terkendali. Untuk perbanyakan lidah mertua umumnya bisa dikerjakan memakai sistem tunas serta stek daun, yang mana sistem tunas cukup lebih mudah daripada sistem stek daun yang cuma dapat dikerjakan di varietas tertentu saja.

4. Pemupukan Secara Berakala & Teratur

Karena tanaman ini tahan akan kondisi kering, maka lidah mertua tak harus memerlukan pemupukan dengan rutin. Tetapi kalau Anda mau sansevieria yang ditanam berkembang dengan optimal, tak ada salahnya jika memberi pupuk dengan teratur tiap 3 bulan sekali. Untuk pupuk sendiri, yang perlu diberikan yaitu cukup dengan pupuk organik.

5. Penyiraman Ketika Dibutuhkan

Tahapan penyiraman lidah mertua bisa dikerjakan cukup ketika dibutuhkan sebab tanaman ini dibudidayakan di pot. Penyiraman dengan berlebihan justru bakal menyebabkan sistem perakaran dapat membusuk. Umumnya penyiraman dikerjakan tiap 3 hari sekali memakai jumlah air yang normal saja. Bersamaan ketika menyiram, dianjurkan pula guna membersihkan daun-daun tanaman supaya selalu nampak elok/indah dipandang mata.

Sekian Dari Artikel Saya, Semoga Bermanfaat…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s