Manfaat Daun Suji, Tanaman Yang Bisa Ditanam Di Greenhouse

Dracaena Angustifolia atau yang kerap disapa daun suji merupakan tumbuhan perdu tahunan yang bagian daunnya sering dimanfaatkan masyarakat sebagai pewarna makanan alami berwarna hijau. Warna daun hijau yang dihasilkan oleh daun suji lebih pekat dan hijau dibandingkan daun pandan.

Membedakan daun suji ini cukup mudah, jika Anda menemukan daun yang mirip dengan daun pandan dengan ciri-ciri:

  • Bau yang harum seperti pandan
  • Memiliki rasa pahit
  • Terasa dingin layaknya daun mint
  • Daunnya nampak lebih kecil dibandingkan daun pandan.

Selain sebagai pewarna makanan, daun suji juga bisa ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias dan juga ia disenangi karena aromanya yang harum. Bunga dari tumbuhan ini memiliki warna kuning dan kadang berwarna ungu.

Daun suji juga dikenal sebagai obat tradisional dari Asia Timur yang dipercaya menyembuhkan penyakit leukemia.

sujii lagii

Bertikut Kandungan Daun Suji :

1. Saponin

Saponin adalah senyawa jenis glikosida yang sangat banyak ditemukan pada tumbuhan-tumbuhan hijau, termasuk tumbuhan suji, khususnya di daunnya. Saponin ini memiliki ciri berupa buih yang jika dikocok akan membentuk buih yang tahan lama. Saponin memiliki rasa yang pahit jika dikonsumsi. Saponin ini bisa jadi sebuah racun bagi hewan berdarah dingin seperti ikan, namun ia tidak beracun pada manusia. Ia juga memiliki efek anti jamur, dan juga sering digunakan sebagai bahan baku dalam proses biosintesis obat antiradang atau kortikosteroid.

2. Tanin

Daun suji juga mengandung tanin yang merupakan senyawa fenol. Tanin memiliki sifat yang mudah larut dalam air karena tanin mengandung fenol, ia dapat mengikat logam berat, serta bersifat anti jamur.

Tanin memiliki manfaat yang baik dalam anti septik pada jaringan luka, misalnya luka bakar, karena tanin mampu mengendapkan protein. Ia juga mampu menetralkan keracunan alkaloid dengan mengeluarkan asam tamak yang tidak larut air.

3. Polifenol

Polifenol adalah senyawa yang sudah dikenal dalam bidang kesehatan. Bahan yang juga berasal dari daun suji ini memiliki sifat antioksidan tinggi. Flavonoid adalah senyawa polifenol yang sangat populer digunakan sekarang. Senyawa yang dikenal sebagai pembawa warna hijau pada tumbuhan dan buah-buahan ini memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan.

Baca Juga :
Greenhouse Tempat Budidaya Paprika Hidroponik
Budidaya Paprika Hidroponik
Aeroponik, Teknik Unik Ramah Lingkungan
Unik! Buidaya Cabai Rainbow “Pedas”nya Kecantikan Cabai

Polifenol menunjukkan aktivitas antioksidan yang mampu menyeimbangkan kesehatan tubuh dengan mengeluarkan racun yang terakumulasi di dalam tubuh.

4. Alkaloid

Alkaloid adalah senyawa basa yang terdapat pada tumbuhan hijau, termasuk daun suji. Alkaloid ini sudah dikenal sebagai obat dari berbagai penyakit karena sifatnya sebagai sedatif, antispasmodik, antihelmentik, analgesik, antimalaria, antibiotik, emetik ekspektorn, antipiretik, relaksan otot, antihipertensi, bronkodilator, simpatomemetik, insektisida, dan antiradang.

Manfaat daun suji untuk kesehatan adalah dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan hingga berat. Jika Anda ingin memanfaatkan daun suji sebagai penyembuh penyakit, olahlah daun suji dengan cara:

  • Ambil beberapa helai daun suji yang segar dan cuci hingga bersih
  • Rebus air ke dalam panci kira-kira 3-4 gelas hingga mendidih.
  • Masukkan daun suji ke dalam air mendidih.
  • Tunggu rebusan daun suji tersebut hingga airnya berkurang hingga 1 gelas.
  • Dinginkan air hasil rebusan daun suji.
  • Campurkan dengan madu agar rasanya tidak begitu pahit.
  • Minumlah air rebusan daun suji tersebut paling tidak 1 hingga 2 kali per hari.

Penyakit-penyakit yang bisa disembuhkan daun suji :

1. Batuk

Dari batuk kering hingga batuk berdahak, daun suji mampu meredakan batuk tersebut. Cukup konsumsi air rebusan daun suji dua kali sehari sebelum tidur malam hari, dan setelah bangun pagi. Ini karena daun suji mengandung alkaloid yang bersifat antiradang dan pelega tenggorokan.
2. Leukemia

Leukemia atau juga sering disebut sebagai kanker darah adalah penyakit yang sangat sulit untuk disembuhkan. Penyakit ini sering menyerang anak-anak. Dengan rutin minum air rebusan daun suji, maka penyakit leukemia dapat dicegah karena kandungan daun suji tersebut bersifat sebagai antioksidan.

3. Penawar racun

Alkaloid dalalm daun suji adalah zat yang sangat baik dalam menawarkan racun di dalam tubuh. oleh karena itu jika Anda salah makan yang menyebabkan sering muntah dan mual, silakan minum air rebusan daun suji sebagai penawaran pertamanya.

sujii

4. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas biasa ditemukan pada polusi udara. Efek dari radikal bebas ini cukup berbahaya bagi kesehatan misalnya penyakit kanker paru sebagai akibat terlalu sering menghirup radikal bebas di udara. Untuk mencegah radikal bebas ini masuk ke dalam tubuh, konsumsilah daun salam karena sifatnya yang tinggi antioksidan.

5. Mengobati sesak napas

Sesak napas adalah salah satu gejala dari penyakit asma. Sesak napas ini diakibatkan karena paru-paru yang terpapar oleh polusi udara. Kembali ke daun suji, konsumsilah daun suji untuk meredakan sesak napas karena daun suji juga memiliki sifat bronkodilator yang mampu meredakan spasme bronkus sehingga bernapas kembali lega.

6. Kesehatan kulit

Daun suji tidak hanya dapat diminum saja, namun ia juga bisa digunakan menjadi masker dan lulur untuk peremajaan kulit. Kandungan daun suji seperti folifenol dan flavonoid bersifat memberikan kelembababan kulit dan mengurangi minyak berlebih pada wajah.

Anda bisa gunakan daun suji sebagai masker dengan cara menumbuknya menjadi halus atau boleh juga di-blender hingga lembut. Langsung aplikasikan ke wajah Anda, boleh dicampurkan dengan putih telur, madu, dan bahan lainnya yang dirasa perlu.

7. Pembersih Mulut

Bau mulut merupakan suatu masalah mulut yang pastinya akan membuat seseorang menjadi risih. Bau mulut ini terjadi karena banyaknnya bakteri dalam mulut yang tak terkontrol. Oleh karena itu, silakan berkumur-kumur dengan air hasil rebusan daun suji karena daun suji juga memiliki sifat sebagai antibakteri.

8. Mengobati masalah pencernaan

Susah buang air besar dan sembelit adalah masalah kesehatan yang sering dialami. Kandungan daun suji yang bermanfaat untuk mengobati masalah pencernaan ini adalah tannin. Tanin akan melancarkan buang air besar dengan cara meningkatkan pergerakan usus sehingga pencernaan kembali sehat.

ini sujii

9. Meredakan nyeri haid

Nyeri haid biasanya dialami oleh wanita menjelang haid. Nyeri biasanya dirasakan pada bagian perut bagian bawah. Untuk meredakan nyeri haid ini cukup mudah. Manfaatkan daun suji untuk meredakannya karena daun suji memiliki sifat analgesik yang mampu meredakan nyeri ringan seperti nyeri haid.

10. Menurunkan kolesterol dalam darah

Banyaknya makan makanan yang mengandung kolesterol tinggi akan meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah. Banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh kolesterol yang menumpuk di dalam darah seperti penyakit jantung, stroke, dan hipertensi. Ada kandungan saponin di dalam daun suji yang mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Selain itu, sifanya sebagai radikal bebas maka atherosclerosis atau penyakit menumpuknya kolesterol di dalam pembuluh darah bisa dikurangi dan dicegah oleh daun suji.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s