Manfaat Kelapa Muda Bagi Kesehatan

 

Buah kelapa memiliki dua bagian yang dapat kita konsumsi, yang pertama adalah daging buahnya, dan yang kedua adalah airnya. Khusus untuk air kelapa, terutama yang masih muda, menjadi minuman favorit bagi beberapa anak muda. Rasanya yang khas dapat menyegarkan tenggorokan ditengah terik matahari yang panas, ditambah lagi, rasa yang khas itu terbuat karena proses alami, bukan hasil dari olahan tangan manusia membuat air ini sangat menyehatkan bagi tubuh.

Namun pernahkah anda mengetahui apa saja manfaat dari meminum air kelapa yang masih muda? Ternyata banyak sekali manfaat yang dapat diambil oleh tubuh kita, salah satunya ialah dapat mengatasi pusing karena mabuk lho. Untuk lebih lengkapnya, berikut 22 manfaat dari meminum air kelapa muda bagi tubuh kita :

1. Sebagai Menu Diet

Air kelapa muda memiliki kandungan lemak dan kalori yang sangat sedikit, sehingga cocok digunakan sebagai minuman harian untuk orang yang sedang menjalankan diet.

2. Menetralisir Racun

Di dalam kandungan air kelapa terdapat suatu zat yang dinamakan antidotum, zat ini mampu menetralkan beberapa jenis racun yang masuk kedalam tubuh. Selain itu, juga terdapat enzim bioaktif, yaitu tanin yang bisa mengurai racun di dalam tubuh.

3. Mendinginkan tubuh

Air kelapa muda dapat mengontrol suhu tubuh, sehingga sangat membantu meredakan gejala demam.

4. Membantu Proses Pencernaan

Kandungan asam laurat yang dimiliki air kelapa muda dapat mencegah peradangan dan penyakit asam lambung.

5. Mengatasi dan Mencegah Infeksi

Air kelapa berfungsi sebagai dieuretik alami untuk tubuh. Yaitu membantu melancarkan pengeluaran air seni. Sehingga meminum air kelapa dapat mencegah dan mengobati infeksi saluran kemih.

6. Mengobati migran

Kandungan magnesium yang ada dalam air kelapa muda dapat mengobati sakit kepala sebelah atau migran.

7. Sebagai Obat Luar

Air kelapa muda dapat mengatasi kaki pecah pecah, eksem, juga kulit kering dan kulit berminyak.

8. Menurunkan Tingkat Depresi

Magnesium yang terdapat di dalam air kelapa muda merupakan mineral penting yang sangat bermanfaat untuk menjaga fungsi otak. Dengan rajin meminum air kelapa dapat memperbaiki mood atau suasana hati menjadi lebih baik.

9. Menghilangkan Jerawat

Air kelapa muda dapat membantu mengobati jerawat yaitu dengan cara mengoleskannya pada kulit wajah sebanyak dua kali dalam sehari.

10. Mengontrol Tekanan Darah

Air kelapa muda yang mengandung kalium dan magnesium sangat bermanfaat bagi penderita darah tinggi untuk menjaga tekanan darah tetap dalam keadaan stabil.

11. Menambah Energi Dalam Tubuh

Kandungan vitamin  yang terdapat pada air kelapa hijau dapat menambah energi untuk tubuh dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

12. Mengatasi Rambut Rontok

Air kelapa mampu meningkatkan sirkulasi darah didalam tubuh. Jika aliran darah kurang lancar, suplai darah tidak mencukupi untuk kulit kepala, serta dapat juga menghalangi pertumbuhan rambut yang baru, sehingga hal tersebut dapat menyebabkan kerontokan rambut

13. Menjaga Kesehatan Jantung

Meminum air kelapa sangat baik bagi para pasien penderita jantung, karna bebas lemak dan kolestrol. Kandungan elektrolit seperti kalium, kalsium dan magnesium yang terdapat pada air kelapa juga membantu menjaga otot jantung rileks, sehingga menurunkan resiko serangan jantung.

14. Nutrisi Untuk Anak

Jika air kelapa dicampur dengan sedikit susu, dapat berfungsi mencegah penggumpalan susu dalam perut, mencegah sembelit dan muntah serta penyakit pencernaan pada anak anak.

15. Mengatasi Luka Bakar

Untuk mengobati luka bakar, campurkan air kelapa muda dengan sedikit bubuk kunyit dan air kapur sirih. Ramuan ini dapat menghilangkan efek panas dari luka terbakar.

16. Mengatasi Cacingan

Air kelapa hijau dipercaya sangat manjur mengatasi cacingan pada anak. Caranya yaitu mencampur air kelapa dengan air dari parutan wortel dan meminumnya setiap malam sebelum tidur.

17. Menangkal Radikal Bebas

Air kelapa muda mengandung antioksidan yang bisa membantu tubuh untuk melawan efek buruk dari radikal bebas.

18. Mencegah Dehidrasi

Kandungan air kelapa hijau sangat mirip dengan cairan dalam tubuh manusia. Hal ini membuat air kelapa mudah diserap dan dapat mengantikan cairan tubuh yang hilang.

19. Menunda Proses Penuaan

Asam laurat dan sitokinin dalam air kelapa bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar Ph tubuh, memperkuat jaringan ikat dan juga bisa menurunkan resiko penyakit yang berhubungan dengan usia.

20. Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Beberapa orang percaya bahwa jika seorang wanita hamil rutin meminum air kelapa, maka jika nanti melahirkan bayinya akan memiliki kulit yang halus dan putih merona.

21. Mengobati Penyakit Kolera

Kandungan albumen dan saline dalam air kelapa muda bisa membantu mengatasi kolera, yaitu penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang membuat penderita mengalami diare, muntah dan bahkan kehilangan kesadaran.

22. Mengatasi Pusing Karena Mabuk

Kandungan gula yang sedikit dan elektrolik yang banyak di dalam air kelapa mampu membantu memulihkan kondisi tubuh setelah mabuk meminum alkohol.

Meskipun mempunyai segudang manfaat, ada baiknya untuk tidak mengkonsumsi air kelapa muda dalam jumlah yang sangat banyak  sekaligus. Meminum air kelapa secara berlebihan dapat menyebabkan penyakit, salah satunya adalah diare. Ingatlah  segala sesuatu yang berlebihan tentu akan menimbulkan efek samping dan tentu saja tidak baik untuk tubuh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s