Cara Menanam Seledri Dengan Hidroponik

Saat makanan sop pasti Anda akan menemukan potongan sayuran yang bertabur didalamnya. Warna daunnya hijau segar dan baunya sedap. Meskipun memiliki daun yang kecil jenis sayuran ini mampu mengobati segala macam penyakit. Biasanya tanaman ini banyak tumbuh dikawasan dataran tinggi yang udaranya sejuk. Jenis sayuran ini banyak dijual di pasaran. Bagi para pecinta sayuran pasti mengenal jenis sayuran seledri.
Apabila Anda ingin menanam seledri bisa Anda terapkan dengan teknik hidroponik. Dimana penanamannya tanpa menggunakan tanah sebagai medianya. Namun cukup dengan menggunakan butiran batu bata, serabut kelapa, batu kerikil dan lain sebagainya. Penerapannya juga sangat praktis dan ramah lingkungan. Anda bisa mencoba sendiri untuk menanam seledri hidroponik di rumah Anda.
Menanam seledri secara hidroponik sangat mudah dan praktis. Sayuran seledri atau biasa dikenal dengan daun sop begitu banyak dibutuhkan untuk keperluan memasak ataupun untuk pengobatan. Daun seledri banyak digunakan dalam penyajian masakan seperti soto kuah, bakso ataupun soto kering.
Salah satu caranya adalah dengan menggunakan wadah plastik dengan netpot yang bersumbu (system wick) atau biasa disebut sistem rakit apung. Sebelum melakukan penanaman secara hidroponik ada beberapa bahan yang perlu  Anda  persiapkan seperti :

1. Gelas plastik
2. Bak (wadah) plastik
3. Sterofoam
4. Kain flannel
5. Sekam bakar
6. Larutan AB mix
7. Bibit seledri

Untuk langkah selanjutnya Anda bisa mencoba untuk membuat pola lingkaran di sterofoam sebagai tempat gelas plastik kemudian berikan jarak antara lubang dengan sedikit berdekatan agar nantinya bisa menghasilkan tanaman yang kecil. Kemudian gelasnya diberi lubang tepat dibagian bawah dan untuk satu lubang dijadikan penempatan sumbu kain. Khusus untuk sumbu Anda bisa memanfaatkan kain flannel dengan lebar 3 cm dan memiliki panjang sampai dapat menyentuh bak paling dasar.

Cara Memelihara Tanaman Seledri Hidroponik

Memelihara hidroponik terbilang sangat mudah. Anda cukup menempatkan seledri ditempat yang bisa terjangkau oleh cahaya matahari. Agar nanti seledri dapat tumbuh dengan cepat. Bila hujan tiba Anda bisa mengatasi dengan memberikan atap diatasnya. Selalu memperhatikan kadar air dalam tanaman seledri hidroponik agar nantinya tidak sampai kering dan jika dibiarkan akan mati. Anda bisa melakukan penyiraman sebanyak dua kali sehari. Karena tanaman ini membutuhkan kadar air yang cukup untuk bisa bertahan hidup sampai siap untuk dipetik dan dipanen.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s