Plastik UV Untuk Budidaya Ikan, Lebih Untung Dan Menjanjikan!!

6-300x225

Jika kita membahas tentang plastik UV, mungkin sudah tak asing lagi bagi masyarakat, terutama para penggemar yang suka bercocok tanam dengan menggunakann greenhouse. Plastik UV adalah suatu plastik transparan ataupun tembus pandang yang sering digunakan sebagai bahan atap dari greenhouse.

Penggunaan plastik uv sendiri juga untuk memberikan perlindungan untuk tanaman dari akibat cuaca luar yang ekstrim misalnya terkena panas sinar matahari yang lebih, badai, hujan lebat, angin kencang, dan lain-lainnya. Tetapi plastik uv tetap bisa meneruskan cahaya dari matahari ke greenhouse, jadi tanaman tetap bisa berfotosintesis serta tumbuh dengan optimal.

Untuk harganya pun murah, tahan lama, pemasangannya mudah, mempunyai kemampuan yang bagus itu yang membuat plastik ini sering dan banyak digunakan, terutama untuk digunakan sebagai penutup atap pada greenhouse. Intensitas dari cahaya matahari yang bisa diteruskan oleh plastik UV ini ialah 80%. Angka tersebut sudah ideal untuk memenuhi keperluan tumbuhan dengan optimal.

Tetapi selain berfungsi dalam bidang budidaya tumbuhan dan tanaman, plastik ini juga ternyata bisa digunakan untuk atap kolam ikan. Fungsi tersebut dimaksudkan agar mengurangi intensitas sinar matahari berlebih yang akan menerpa pada permukaan air. Panas yang ditimbulkan dari cahaya matahari ini dapat mempercepat penguapan serta meningkatkan suhu air pada kolam. Pastinya hal tersebut amat berbahaya untuk kelangsungan hidup ikan yang berada di dalam kolam.

Proses penguapan yang begitu cepat ini bisa juga menyebabkan pengurangan air dengan drastis serta meningkatkan konsentrasi terhadap padatan yang ada pada air, jadi makin keruh. Suhu air yang begitu tinggi juga bisa mengganggu proses metabolisme organisme air yang berguna untuk pakan ikan semisal plankton, jentik nyamuk, dan berbagai jenis organisme autotrof lain. Namun, apakah arti organisme autotrof sendiri? Itu ialah organisme yang bisa mengerjakan kegiatan fotosintesis serta menghasilkan suatu energi dari tahapan tersebut. Organisme ini bisa dijadikan sebagai tambahan pakan yang alami untuk ikan.

Baca Juga :

Tips Untuk Membudidaya Tumbuhan Anggrek
5 Cara Jitu Budidaya Buah Naga Dengan Polybag
Budidaya Cabai Sangat Menguntungkan Dengan Mulsa Plastik

plastik uv untuk tambak

Plastik uv sendiri memiliki kemampuan guna mengurangi jumlah intensitas cahaya yang lebih dengan cara memantulkan kembali sebagian dari radiasi ke atmosfer serta pula meneruskan dari sisanya. Jumlah sinar matahari yang bisa diteruskan oleh plastik uv ialah sekitar 80%. Jenis dari Plastik UV yang biasanya didagangkan di Indonesia untuk keperluan greenhouse adalah yang berjenis UV yakni 6%, 8%, 12% serta 14% dan berketebalan kira-kira 0.15 hingga 0.20 mm.

Persentase angka tersebut menunjukkan adanya kandungan kimia yang terkandung. Makin besar nilai persentasenya, jadi makin tebal pula kandungan dari kimianya. Tidak hanya itu, bisa ditandai dengan adanya warna yang makin buram maupun makin tak tembus pandang. Maksudnya yaitu makin besar persentase, jadi makin banyak juga cahaya yang akan dipantulkan ke atmosfer serta makin sedikit cahaya yang bisa diteruskan. Begitu pun sebaliknya. Ketebalan pula dapat memengaruhi kemampuan dari plastik UV dalam proses meneruskan panas matahari dengan tingkat korelasi yang selaras dengan persentase bahan kimia.

Penentuan plastik uv yang benar, sangat memengaruhi hasil dari kolam budidaya ikan Anda. Dalam hal seperti ini, kemampuan plastik uv yang cocok untuk menahan cahaya berlebih dari matahari adalah Plastik UV yang 14%. Jenis plastik uv ini bisa mengurangi cahaya terbesar daripada jenis plastik uv yang lainnya. Tetapi tetap saja bisa meneruskan cahaya secara optimal.

Banyak beberapa energi radiasi matahari yang bisa diteruskan oleh plastik uv, sebagian akan diserap oleh beberapa macam komponen dari eksosistem kolam semisal tumbuhan atau tanaman, tanah, batu, ikan, air, serta juga mikroorganisme autotrof. Sebagian juga dari radiasi pun bisa dipantulkan kembali. Tahap ini akan menciptakan suatu peningkatan suhu udara serta air dalam kolam.

Intensitas sinar dari matahari serta suhu yang pas dalam proses ini sangatlah berguna terutama pada saat proses pembenihan ikan serta perkembangan dari ikan. Hal tersebut pastinya akan amat sangat membantu supaya hasil produksi makin meningkat

Jika anda membutuhkan Plastik UV untuk Kolam ikan dengan harga yang lebih murah, silahkan hubungi kami melalui sms/call pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s