5 Cara Jitu Budidaya Tanaman Bayam Di Pekarangan Rumah

KONICA MINOLTA DIGITAL CAMERA

Bayam (Amaranthus sp.) merupakan sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Tumbuhan ini bisa tumbuh setiap tahun. Apabila Anda tak memiliki kebun, Anda bisa membudidayakannya di pekarangan rumah. Ada cara gampang berkebun bayam di pekarangan rumah.

Berikut ini beberapa tahapan yang harus Anda kerjakan untuk membudidayakan bayam di pekarangan rumah :

Pemilihan Benih Bayam

Bayam dikembangkan dari biji. Biji tanaman bayam yang dijadikan benih harus lumayan tua sekitar 2-3 bulan. Benih yang masih muda daya simpannya tak lama dan tingkat perkecambahannya juga sangat rendah.

Persiapan Lahan Bayam

Untuk Anda yang mau berbudidaya di pekarangan rumah, bedengan bisa dibuat dengan cara menumpuk batu-bata memutar membentuk persegi, kemudian isilah dengan campuran tanah dan pupuk kandang, serta pastikan kondisinya gembur, bisa juga memakai pot/polibag dengan diameter sekitar 30cm.

Pemupukan Bayam

Sesudah meratakan bedengan, 3 hari sebelum menanam berikan pupuk dasar yaitu dari kotoran hewan yang sudah difermentasi dengan dosis sekitar 4kg/m2. Untuk penunjang tambahkan urea sekitar 150kg/ha yang dicampur dengan air dan disiramkan ke tanaman pada sore hari selama 10 hari sesudah penaburan benih. Bila perlu, berikan pupuk cair 3 liter/ha pada tanaman bayam yang umurnya 2 minggu sesudah penaburan benih.

Penanaman benih bayam

Penanaman benih bisa dikerjakan dengan 3 cara, yaitu cara pertama ditebar langsung di atas bedengan. Biji dicampur dengan pasir/abu dapur/pupuk organik yang sudah dihancurkan dan ditebar secara merata di atas bedengan.

Baca Juga :

4 Cara Jitu Budidaya Bunga Lavender Dengan Polybag
Budidaya Ikan Gabus Di Kolam Terpal, Yang Kaya Khasiat Sekaligus Menguntungkan
Ini Dia Trik Jitu Budidaya Terong Di Musim Kemarau

Cara kedua, ditebar pada barisan dengan jarak sekitar 11—15cm, kemudian ditutup dengan lapisan tanah. Cara yang ketiga, menyemai benih sesudah tumbuh sekitar 10 hari bibit dipelihara sekitar 3 minggu. Setelah itu, dipindahkan ke bedengan dengan jarak tanam sekitar 50 × 30cm. Bila Anda mau menanamnya di dalam pot atau polybag, disarankan jumlah tanaman setiap pot atau polybag tak terlalu banyak agar bayam tak kerdil.

Pemeliharaan bayam

Bayam cabut merupakan jenis bayam yang jarang sekali terserang penyakit. Bayam bisa memproduksi dengan baik jika tanahnya selalu dirawat dan dipertahankan kesuburannya. Misalnya, dengan pemupukan organik yang rutin dan kecukupan air. Untuk tanaman muda memerlukan air 4 liter/m2 setiap hari dan menjelang dewasa tanaman memerlukan air sekitar 8 liter/m2 setiap hari.

Hama yang seringkali menyerang tanaman bayam yaitu ulat daun, kutu daun, serta belalang. Sementara, penyakit yang sering diketahui yaitu rebah kecambah dan penyakit karat putih.

Untuk mengendalikan OPT, pakailah pestisida yang aman serta gampang terurai seperti pestisida biologi, pestisida nabati, atau pestisida piretroid sintetik. Pemakaian pestisida tersebut harus dikerjakan dengan sangat benar. Bila tak, akan merusak tanaman dan membuat tanaman sering terserang penyakit.

Jika Anda membutuhkan Plastik UV untuk proses budidaya dan untuk yang lainnya dengan harga murah dan lebih awet tentunya silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s