Budidaya Jenis Varietas Unggul Buah Pepaya, Keuntungan Berlipat Hasil Panen Melimpah

pepaya merah delima

Pepaya atau nama ilmiah tanaman ini Carica Papaya atau betik yaitu tumbuhan yang tergolong dalam genus Carica yang asalnya dari negara Meksiko bagian selatan dan bagian utara negara Amerika Selatan, tetapi kini sudah tersebar meluas dan sudah banyak ditanam di semua daerah tropis untuk diambil buahnya.

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Pepaya

Kerajaan              : Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Rosidae
Ordo                     : Brassicales
Famili                   : Caricaceae
Genus                   : Carica
Spesies                 : C. papaya

Ada berbagai jenis pepaya, yaitu seperti pepaya california, pepaya calina, pepaya merah delima dan masih banyak lagi. Untuk kali ini kita membahas cara budidaya pepaya merah delima, simak selengkapnya.

Adapun Cara Budidaya Pepaya Merah Delima, Antara Lain :

Syarat Tumbuh Pepaya Merah Delima

Tanaman pepaya merah delima bisa tumbuh dengan baik pada daerah dataran rendah ataupun dataran tinggi sampai ketinggian 700mdpl dengan curah hujan sekitar 1500-2000mm per tahun dan suhu sekitar 22-30°C. Tanaman ini akan tumbuh secara maksimal pada tanah yang kaya akan kandungan bahan organik, mempunyai sistem drainase yang cukup baik dan mempunyai pH tanah sekitar 6,5-7.

Pepaya merah delima ini harus memperoleh sinar matahari secara penuh, dengan banyak menerima sinar matahari maka tanaman akan lebih cepat berbunga dan berbuah serta buah cepat matang dan rasanya lebih manis.

Persiapan Bibit pepaya Merah Delima

Bibit pepaya merah delima bisa diperoleh dari biji. Biji tersebut dikecambahkan terlebih dulu dengan cara merendamnya selama 1 malam, kemudian simpan dalam wadah tertutup dengan dilapisi tisu atau kain basah kemudian diletakkan pada ruangan bersuhu sekitar 30°C. Biji akan berkecambah sesudah 6-12 hari kemudian. Selanjutnya, pindahkan kecambah tersebut ke dalam polybag tanam yang sudah diisi media tanam berupa tanah, pupuk kandang dan tricoderma. Sesudah bibit berumur 30-40 hari atau sudah mempunyai 5-8 helai daun, bibit bisa dipindah tanamkan ke lahan yang sebenarnya.

Persiapan Lahan Tanam Pepaya Merah Delima

Lahan yang akan dipakai untuk budidaya dibersihakan terlebih dulu dari gulma atau tanaman pengganggu yang lainnya. Sesudah itu, gemburkan tanah dengan cara dicangkul.

Selanjutnya, buatlah bedengan dengan ukuran sekitar 6m untuk panjangnya, 1-1,5m untuk lebarnya dan tinggi sekitar 20cm. Berikan jarak antar bedengan sekitar 50cm.

Baca Juga :

Kemudian, buatlah lubang tanam dengan ukuran sekitar 40cm x 40cm x 40cm dan berikan jarak tanam sekitar 2m x 2m. Kemudian, isi lubang tanam tersebut dengan campuran pupuk kandang serta dolomit, kemudian diamkan selama 1-2 minggu. Kemudian tambahkan pupuk dasar TSP dan juga insektisida.

Cara Menanam Pepaya Merah Delima

Sesudah semua siap, selanjutnya laksanakan penanaman. Pindahkan bibit dari polybag ke lubang tanam secara hati-hati, usahakan media tanamnya tak sampai rusak. Masukkan bibit dalam lubang tanam kemudian timbun atau tutup kembali dengan tanah lapisan atas. Dalam 1 lubang tanam bisa ditanami 2 bibit pepaya.

Cara Merawat Tanaman Pepaya Merah Delima

Laksanakan pemberian mulsa pada tanaman pepaya tersebut, mulsa tersebut bisa berupa jerami. Pemulsaan tersebut bertujuan untuk menjaga kelembaban tanah dan juga menekan pertumbuhan gulma.

Laksanakan pemupukan dengan memakai pupuk NPK ataupun pupuk campuran tunggal. Pemupukan tersebut dikerjakan dengan meletakkanya di sekeliling tanaman. Sesudah itu laksanakna penyiraman pada tanaman pepaya. Tak hanya diletakkan langsung ke tanah, pupuk bisa diencerkan dulu dalam air baru disiramkan. Pemupukan dan penambahan dolomit bisa dilaksanakan setiap 3-4 bulan.

Apabila tanaman sudah mulai berbunga, maka laksanakan penyelesian pada bunga. Pilihlah bunga yang sempurna dengan ciri mempunyai serbuk sari dan putik. Laksanakan juga penyeleksian pada buah ketika berumur 2 minggu sesudah bunga mekar, buang buah yang cacat fisik.

Masa Panen Pepaya Merah Delima

Proses pemanenan pepaya merah delima bisa dikerjakan sesudah tanaman berumur 8 bulan sesudah tanam. Pemanenan ini dilaksanakan ketika buah masih mengkal dengan warna kuning 5%-10% untuk pasaran lokal dan 5% untuk pasaran jauh. Panen pepaya merah delima ini bisa dilaksanakan setiap 1 minggu 1 kali.

Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Plasti UV untuk pembuatan green house atau untuk pengeringan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih awet Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan :
– Minimal order 1 ton
– Kandungan UV protektor 5%, jika minta kandungan UV diatas 5% akan dikenakan harga untuk kenaikan tiap 1% nya Rp 500,-/kg
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim Ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s