Inilah Metode Untuk Memaksimalkan Produksi Garam Dengan Memanfaatkan Plastik UV

Garam

Indonesia termasuk negara maritim yang mempunyai kelautan yang luas akan tetapi produksi garam diIndonesia hanya sebatas untuk bahan konsumsi. Di dalam pasar industri garam Indonesia masih jauh dari standart dan kalah bersaing karena kualitas yang cukup rendah. Hal ini sangat disayangkan apalagi Indonesia sangat terkenal dengan negara maritim.

Sudah banyak para petani yang menerapkan dengan berbagai metode untuk meningkatkan produksi dan kualitas garam diIndonesia, berikut ini yatitu metode pembuatan garam yang ada di indonesia :

A. Cara Pembuatan Garam Secara Konvensional

1. Mengalirkan Air Laut ke Tempat yang Luas
Tempat yang luas umumnya sepetak tanah yang sudah disediakan khusus, tempat ini dipakai untuk menampung air laut yang akan menguapkan air laut. Air dimasukkan kedalam tempat ini dengan ditimba memakai jerigen atau dengan memanfaatkan pasang surut air laut.

Jika memakai cara pasang surut air laut, sebaiknya posisi tanah jangan terlalu tinggi dari air laut. Apabila air laut kondisinya sedang pasang, maka penutup air dibuka supaya air mampu masuk ke dalam. Dan jika air sedang surut, maka penutup air ditutup supaya air laut tidak keluar lagi dari dalam tempat penampungan.

Baca Juga :

2. Menjemur di Bawah Terik Matahari
Apabila air sudah terkumpul pada tempat pembudidayaan, kemudian segera laksanakan penjemuran di bawah terik sinar matahari supaya air laut bisa menguap dan menghasilkan butiran garam.

3. Proses Pemanenan
Ketika melaksanakan proses penguapan air laut, proses tersebut akan menghasilkan butiran garam yang akan dipanen. Petani garam hanya tinggal mengumpulkan dan segera menjualnya di pasaran.

B. Cara Membuat Garam dengan Teknologi Ulir Filter (TUF)

Tek pembudidayaan garam dengan metode TUF menjadi cara alternatif untuk memperoleh garam dengan kualitas yang bagus dengan kadar garam diatas 90%.

Manfaat dari cara teknologi ini yaitu bisa mempercepat proses pembuatan air tua sekitar 20°Be dengan memperpanjang aliran air dan juga tetap menjaga kebersihan air serta meja hablur. Pasangkan filter pada saluran air untuk menjaga kebersihannya dan jangan lupa pasanglah terpal pada meja hablur.

Dari pengkajian para ahli menyatakan bahwa dengan pelaksanaan modifikasi pada sistem pertanian garam dengan metode TUF mampu meningkatkan produktivitas garam sampai 100%.

Terbukti, cara membuat garam dengan mengaplikasikan metode TUF mampu meningkatkan produktivitas seperti yang terjadi di Jawa Barat yaitu Cirebon, Indramayu serta Karawang. Awalnya para petani garam ini hanya mampu menghasilkan sekitar 60-80 ton garam sekali panen, dan sekarang mampu menghasilkan 120-140 ton garam per hektarnya.

C. Membuat Tambak Garam Dengan Tenda Prisma Plastik UV Protector

Petani garam umumnya sangat bergantung dengan kondisi musim. Ketika terjadi musim hujan atau kemarau basah, maka membuat hasil panen garam menurun. Akan tetapi dengan menjalankan inovasi rumah garam prisma ini, para petani garam tak lagi harus bergantung pada kondisi musim. Para petani garam bisa melaksanakan panen garam setiap hari tanpa harus menunggu kondisi musim.

#Untuk info harga Plastik UV bisa Anda cek DISINI

Pemakaian metode tenda prisma ini membuat panas dalam ruangan juga tetap terjaga ketika malam hari jadi pemanenan garam semakin cepat. Untuk pembuatan atap tenda prisma petani bisa memakai plastik uv, dan untuk alas tenda prisma ini petani bisa memakai plastik LDPE.

Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Plastik UV untuk pembuatan green house atau untuk pengeringan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih awet Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan :
– Minimal order 1 ton
– Kandungan UV protektor 5%, jika minta kandungan UV diatas 5% akan dikenakan harga untuk kenaikan tiap 1% nya Rp 500,-/kg
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim Ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s