Cara Lengkap Memasang Atap Green House Menggunakan Plastik UV

GreenHouse (1)

Distributor Plastik UV Best Quality – Lim Corporation

Plastik UV merupakan plastik yang dilapisi dengan bahan kimia tertentu, sehingga bisa menahan sinar ultraviolet yang berlebihan tanpa merusak bagian – bangian tanaman. Untuk kebutuhan jenis plastik yang umumnya diperdagangkan di Indonesia adalah jenis plastik UV 6%, 8%, dan 12%, dengan ketebalan sekitar 150 – 200 micron.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Plastik UV memiliki fungsi untuk penangkal untuk cahaya matahari dan meneruskan untuk lainnya masuk ke dalam greenhouse. Plastik UV bisa meneruskan cahaya matahari sekitar 80% sebagai penjaga supaya tanaman tetap bisa berfotosintesis dengan lacar dan baik. Tanaman juga tak bisia menerima cahaya yang terlalau berlebih yang bisa mengakibatkan terbakarnya daun dan penguapan berlebih. Plastik UV juga bisa menjadi penghalau curah hujan ekstrim dan tiupan angin yang dapat mengakibatkan ke rusak tanaman.

Baca Juga:

Namun penggunan ini juga perlu di dukung dengan teknik pemasangan plastik UV pada bangunan green house yang benar dan sesuai. Sebab bila tidak, maka manfaat yang dimiliki plastik UV bisa berkurang. Oleh karena inilah, pada kesempatan kali ini akan dibahas cara bagimana cara memasang plastik UV yang benar untuk digunakan sebagai atap greenhouse. Dan berikut ini merupakan cara pemasangan plastik UV yang baik dan benar untuk atap greenhouse.

650592_ca129232-55de-45c7-ba2a-3c80b3236952_1280_720

1. Pertama anda tentukan dulu ukuran greenhouse yang akan anda dibangun. Ukuran ini akan menentukan lebar plastik UV yang dibutuhkan nantinya. Lebar standar untuk greenhouse komersil berdasarkan penelitian di Belanda adalah 3.2 m x 6.4 m x 9.6 m dan seterusnya. Ukuran ini dinilai efisien dari segi produktivitas tanaman dan kenyamanan kerja. Selain itu dengan ukuran tersebut, penggunaan greenhouse juga dapat bersifat fleksibel yaitu dapat digunakan untuk berbagai jenis tanaman, seperti tanaman buah, bunga ataupun sayuran.

2. Greenhouse umunya dibangun menghadap ke arah Utara atau Selatan. Hal ini maksudnya agar bagian atap greenhouse menghadap tepat ke arah jalur perlintasan matahari yakni dari Timur ke Barat, sehingga mendapat penyinaran yang maksimal. Karena hal utama dari pembangunan greenhouse adalah harus mendapatkan sinar matahari yang cukup dari pagi sampai sore. Selain itu, atap greenhouse juga tidak boleh terhalang oleh bangunan, pohon, dan benda lain yang dapat menghalangi cahaya matahari.

3. Alur pemasangan setiap rangka – rangka atap harus diposisikan mengikuti alur aliran air hujan. Tidak boleh memotong atau tegak lurus arah tersebut. Ini dimaksudkan agar ketika plastik UV telah dipasang, tidak menghambat aliran air hujan dan akhirnya menumpuk membentuk kubangan di bagian atap. Kubangan air tersebut akan mengurangi masuknya cahaya matahari secara optimal karena terjadi pembiasan cahaya oleh air tersebut masuk ke dalam greenhouse. Plastik UV juga akan ditumbuhi lumut dan ditimbuni kotoran akibat proses biologis dan pengendapan air, sehingga juga dapat menghalangi masuknya cahaya matahari.

4. Baiknya alur pemasangan plastik UV adalah memanjang searah aliran air hujan. Karena apabila memotong aliran, maka air hujan akan masuk merembes lewat pertemuan antar plastik ke dalam greenhouse.

5. Plastik UV bisa dipasang dengan cara menjepit pertemuan atau ujung plastik memakai bambu, kayu, besi atau baja tergantung sesuaikan dengan bahan rangkanya. Daerah ujung dan pertemuan plastik ini sebaiknya dilipat terlebih dahulu membentuk pertemuan saling berkaitan antar ujung plastik sebelum dijepit rangka. Tujuannya adalah agar saling menutupi celah antar pertemuan agar air tidak merembes ke dalam greenhouse.

6. Rangka penjepit baiknya direkatkan dengan paku berpayung atau baut ber – ring. Bukan dengan kawat atau paku biasa pada umunya. Selain sambungan lebih kuat menjepit, juga agar mudah dalam pelepasan kembali dan air tidak masuk melalui lubang paku tersebut. Penggunaan kawat atau paku biasa justru akan membuat lubang agar air mudah masuk ke greenhouse.

7. Plastik UV dipasang secara tegang, tidak kendor apalagi membentuk cekungan di tengah plastik. Karena jika terbentuk cekungan, itu juga akan membelokan arah datang matahari ke dalam greenhouse, sehingga penyinaran tidak akan optimal. Namun, jangan pula dipasang terlalu tegang karena plastik akan mudah rusak akibat proses pemuaian karena suhu tinggi atau pengkerutan akibat suhu rendah. Pasang plastik UV agar cukup tegang saja. Sekian ulasan dari kami menggenai pembangunan green house menggunakan plastik uv semoga bermanfaat dikemudian hari.

banner-plastik

* Info selengkapnya mengenai harga Plastik UV klik DISINI

Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Plastik UV untuk greenhouse atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service :
Telp : 031 – 8830487 (Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB)
Mobile : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 | Admin 2 | Admin 3

Catatan :
– Minimal order 3 roll
– Harga Franco Surabaya
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga tidak mengikat bisa berubah sewaktu – waktu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s