Cara Menanam Mentimun Secara Hidroponik | Plastik UV

cucumbers-168501_960_720

Jual Plastik UV Best Quality – Lim Corporation

Mentimun atau umunya dikenal dengan timun ini mempunyai manfaat yang banyak sekali. Timun sangat disukai sebagai bahan rujak atau gado – gado. Alangkah senangnya bila kita dapat memetik sendiri dari kebun di halaman rumah. Pasti rasanya jauh lebih segar di bandingkan beli di pasar. Dengan cara hidroponik, tanaman mentimun bisa menghasilkan banyak buah dan relatif lebih jarang terserang hama penyakit. Bertanam dengan cara ini juga lebih bersih dan bisa mendatangkan kesibukan baru yang menyenangkan. Menanam mentimun dengan cara hidroponik ternyata sederhana dan tidak membutuhkan pengetahuan pertanian yang canggih. Yang dibutuhkan hanya ketelitian dalam merawat tanamannya.

Baca Juga:

Berikut ini proses penanaman timun secara hidroponik :

Penyeleksian bibit
Penyeleksian bibit sangat penting sebelum anda membudidayakan tanaman mentimun. Penyeleksian bibit atau benih yang berkualitas akan menentukan hasil mentimun yang maksimal. Benih yang dipilih haruslah sehat, bebas dari hama, berasal dari indukan yang banyak menghasilkan buah dan pertumbuhan yang cepat. Menggunakan media ini bibit harus di semai terlebih dulu. Dengan media persemian sederhana seperti biasanya hingga memiliki akar kecil atau berkecambah. Selanjutnya dapat langsung di pindahkan kedalam media hidroponik.

650592_ca129232-55de-45c7-ba2a-3c80b3236952_1280_720

Pengelolahan media tanam
Dalam proses pengelolahan media tanam dengan cara hidroponik ini terdapat beberapa hal yang wajib diketahui dulu berupa arang sekam, pasir, gambut, gabus dan lainnya tergantung dengan petani menggunakan sistem hidroponik yang mana. Namun yang lebih mudah dan sangat baik adalah menggunakan abu sekam atau arang sekam. Pengerjaan media tanam hidroponik ini membutuhkan alat bahan berupa pot plastik kecik, pipa paralon, air secukupnya larutan nutrisi, ajir sebagai pelindung, kertas sebagai menganjal dan gunting atau pembolong.

Berikut cara membuat media tanam dengan hidroponik :
1. Pertama siapkan terlebih dulu pot plastik kecil yang di lubangi pucuknya sedikit dengan diameter 1 – 2 mm atau sesuai kebutuhan.
2. Selanjutnya masukkan arang sekam kededalam pot plastik kecil dan diganjalkan kertas yang mudah untuk larut, agar abu sekam tidak tumpa.
3. Langkah selanjutnya siapkan pipa paralon dengan panjang 1 – 2 m atau tergantung sesuai dengan pemilik, selanjutnya lubangi di setiap bagian dengan jarak 10 – 15 cm dengan besar lubang sesuai dengan pot plastik.
4. Kemudian lakukan penutupan ujung kanan dan ujung kiri pipa paralon dan berikan larutan nutrisi yang telah disiapkan kedalam pipa – pipa paralon.
5. Setelah itu pembuatan ajir bisa di lakukan dengan memakai besi, bambu, atau pun almunium.
6. Pembuatan ini banyak sekali tipenya dan beragam, namun memiliki tujuan yang sama. Bentuk ajir ini dapat berbentuk vertikal ataupun horizontal yang menyokong tanaman.
7. Lakukan ini di tempat yang terkena cahaya matahari, karena tanaman mentimun sangat membutuhkan fotosintesis untuk pertumbuhannya.

Iklan FP (2)

Penanaman tanaman
Penanaman tanaman mentimun dengan hidroponik ini memang sangatlah mudah dan sederhana yaitu sebagai berikut.
1. Langka pertama carilah bibit yang telah disemaikan tersebut yang berkualitas atau yang telah mempunyai akar yang sangat banyak.
2. Selanjutnya bibit atau benih dimasukan kedalam media pot plastik yang telah di masukkan abu sekam dengan kedalaman 1 – 2 cm.
3. Setelah itu pot plastik kecil di letakan kedalam lubang yang telah disiapkan di pipa – pipa paralon.
4. Dalam penempatan lubang baiknya pot mengenai air atau larutan yang sudah diisi di pipa paralon.
5. Setelah itu lakukan juga perawatan untuk media ini secara baik.

Cara membuat bangunan greenhouse untuk tanaman hidroponik :
1. Langka pertama tentukan tempat untuk membuat atau membangun bangunan greenhouse
2. Buatlah dulu ukuran green house dan sesuaikan dengan luas lahan yang tersedia
3. Kemudian buatlah kerangka greenhouse. Anda bisa membuat kerangka persis seperti rumah atau memakai model lengkung. Bila anda mempunyai model lengkung buatlah rangka lengkungan memakai pipa PVC.
4. Setelah itu tutuplah atap memakai plastik UV dan tutuplah sekeliling dengan paranet atau screen. Paranet ini akan menjaring masuknya serangga yang hendak masuk ke dalam greenhouse.
5. Pakailah paku, tali, dan lem untuk menyambung dan merekatkan.
6. Jangan lupa untuk membuat pintu untuk anda keluar masuk ke dalam bangunan greenhouse.
7. Setelah itu buatlah bedeng – bedeng persemaian atau rak – rak untuk menyimpan tanaman sesuai dengan kebutuhan anda.

Pemeliharaan tanaman
Pemeliharaan untuk tanaman hidroponik yaitu berupa penyulaman, penyiangan, penyiraman, pemupukan, pengajiran, dan pengendalian penyakit.
1. Penyulaman ini dilakukan saat tanaman sudah di tanam tidak tumbuh.
2. Penyaingan juga dilakukan dengan membersihkan gulma atau tanaman lainnya di sekitaran tanaman.
3. Pemupukandilakukan dengan cara memberikan pupuk yang telah di cairkan kedalam pipa paralon.
4. Penyiraman dapat dilakukan juga bisa tidak dilakukan
5. Pengajiran ini dikerjakan dengan memakai besi, bambu, kayu, alumunium, atau lainnya dengan panjang 1- 2 m.
6. Pengendalian hama dan penyakit dapat dikerjakan dengan penyemprotan herbisida, fungisida, dan insektisida sesuai dengan petunjuk pemakaian.

Pemanenan tanaman
Tanaman mentimun secara hidroponik dapat di panen saat sudah berumur 2 – 3 bulan tergantung dengan pertumbuhan dan varietesnya. Pemanenan ini dilakukan dengan memetik buah secara langsung atau juga dapat dengan alat bantuan berupa gunting atau pisau pada tangkai buah. Pemanenan ini lebih baik dikerjakan pada saat sore dan pagi hari dengan tujuan supaya bisa menjaga kualitas pada tanaman dan buah mentimun.

banner-plastik

* Info selengkapnya mengenai harga Plastik UV klik DISINI

Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Plastik UV untuk greenhouse atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja ( Minggu dan hari besar TUTUP ).

Customer Service :
Telp : 031 – 8830487 ( Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB )
Mobile : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 | Admin 2 | Admin 3

Catatan :
– Minimal order 3 roll
– Harga Franco Surabaya
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga tidak mengikat bisa berubah sewaktu – waktu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s