Tips & Trik Jitu Pemangkasan Tanaman Paprika yang Benar!

Pemangkasan Paprika

Distributor Plastik Ultraviolet Greenhouse – Lim Corporation

Dengan permintaan paprika yang kian meningkat terutama untuk hotel, restoran, katering, dan pasar swalayan di kota besar. Mengingat masih terbatasnya petani yang membudidayakan tanaman paprika, harus ada perlakuan khusus untuk meningkatkan produktivitas buah paprika. Salah satunya, yaitu dengan melaksanakan pemangkasan tanaman paprika yang baik dan benar seperti cara berikut ini.

1. Pemangkasan Cabang dan Tunas

Proses pemangkasan ini adalah usaha untuk mengurangi jumlah cabang dan tunas. Apabila pemangkasan ini tak dilaksanakan, maka tanaman akan lambat berbuah dan memberikan produksi yang rendah sebab hasil metabolisme tanaman sebagian besar terpakai untuk pertumbuhan vegetatif.

Pemangkasan tunas dikerjakan sebelum tanaman bercabang, sedangkan pemangkasan cabang dilaksanakan sesudah tanaman membentuk cabang. Beberapa dari cabang utama dipangkas sampai tersisa 2 cabang utama tanpa atau dengan 1 cabang sekunder. Tahap ini dilaksanakan sampai bunga dipelihara tumbuh dan mekar.

Baca Juga: Dibalik Baunya yang Menyengat, Pete Ternyata Sangat Bermanfaat!

Dalam pemangkasan tunas muda dilaksanakan pada semua tunas yang tumbuh di ketiak daun. Tanaman akan membentuk cabang lagi di bagian ujungnya. Cabang yang terbentuk ini harus dipangkas lagi, disisakan menjadi 2 cabang. Dan seterusnya, sampai pertumbuhan tanaman paprika maksimal.

2. Pemangkasan Daun

Pada pemangkasan daun tanaman paprika dikerjakan untuk daun yang sudah tua, daun di bagian bawah sampai pada percabangan, daun yang sakit, serta daun yang terserang hama serta penyakit. Sebaiknya daun, tunas serta cabang yang sudah dipangkas langsung dibakar supaya hama dan penyakit tak menular ke tanaman lain yang sehat.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, caranya dengan klik URL berikut http://www.facebook.com/InfoPertanianPerkebunanku/

3. Pemangkasan Bunga

Yang ketiga yaitu pemangkasan bunga yang bertujuan untuk memperoleh buah paprika yang berkualitas baik. Dalam proses ini dilaksanakan pada bunga yang muncul pertama dan kedua kali di atas percabangan utama atau bunga yang terbentuk di cabang utama harus dibuang.

Tanaman paprika mulai berbunga pada umur 3 minggu sesudah pindah tanam. Umumnya bunga mulai muncul sebelum tanaman membentuk percabangan utama. Bunga yang muncul pertama ini harus segera dibuang supaya pertumbuhan cabang tanaman bisa terus berlangsung dan tak terganggu oleh perkembangan bunga menjadi buah. Bukan hanya itu, supaya pembentukan bunga di percabangan bisa berlangsung lebih baik.

Baca Juga: Bahaya, Ternyata Ini Dampak Pemakaian Pestisida Kimia yang Berlebihan

4. Pemangkasan Buah

Dan yang terakhir yaitu proses pemangkasan buah paprika terutama dilaksanakan pada buah yang rusak akibat terserang hama dan penyakit, ataupun pada buah yang tak normal pertumbuhannya. Buah yang rusak harus segera dipangkas atau dipetik dan segera dibuang sebab bisa menjadi sumber kontaminasi hama dan penyakit.

Ketika umur sekitar 6—7 minggu sesudah tanam, buah yang tumbuh berdempetan, salah satunya harus dibuang. Saat berumur sekitar 8—10 minggu sesudah tanam, laksanakan pemangkasan buah lagi dengan menyisakan 3—4 buah per pohon.

* Info Lengkap Mengenai Harga Plastik UV Klik tautan berikut ini http://bit.ly/hargaplastikuv

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Plastik UV atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk greenhouse atau penjemuran atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN:
– Minimal order 3 roll
– Kandungan UV protektor 5%, jika minta kandungan UV diatas 5% akan dikenakan harga untuk kenaikan tiap 1% nya Rp 500,-/kg
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim Ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s