Rutin Konsumsi Tomat Bisa Bikin Panjang Umur! Benarkah Itu?

Manfaat Tomat

Jual Plastik Ultraviolet Harga Murah – Lim Corporation

Tanaman tomat bisa dikatakan sebagai jenis buah-buahan, tetapi dalam penggunaanya paling sering adalah sebagai sayuran. Karena rasanya yang asam seringkali dianggap menambah kelezatan banyak jenis masakan. Sebagai buah, tomat masak juga lezat dikonsumsi mentah & ada juga yang menarik, yaitu tomat cukup enak untuk dibuat minuman buah atau jus. Untuk itu, apa manfaat tomat bagi kesehatan, jika dilihat dari kandungan nutrisinya? Tomat diketahui mengandung sejenis antioksidan kuat yang disebut Lycopene dalam jumlah banyak, yaitu zat yang membuat warna merah di buah ini.

Selain itu, buah tomat juga sudah terbukti mengandung suatu senyawa yang disebut sebagai asam alfa lipoic, yang sangat bermanfaat untuk membantu mengontrol glukosa dalam darah, meningkatkan vasodilatasi & melindungi pada retinopati untuk pasien diabetes, dan bahkan bisa membantu kelestarian otak & jaringan saraf lhoo. Senyawa nutrisi yang juga ditemukan dalam tomat termasuk kolin, yaitu nutrisi penting yang membantu tidur, fungsi gerak otot, belajar, serta fungsi memori. Kandungan kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, membantu transmisi impul saraf, membantu penyerapan lemak, serta mengurangi peradangan kronis.

Beberapa Manfaat Rutin Makan Tomat yang Luarbiasa Bagi Kesehatan
Mengkonsumsi semua jenis buah-buahan & sayuran, termasuk salah satunya tomat sangat bermanfaat bagi kesehatan. Termasuk diantaranya yaitu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, bahkan kanker. Buah & sayuran juga dikaitkan dengan kesehatan kulit & rambut, meningkatkan energi, serta berat badan yang sehat. Karena itu, dengan meningkatkan konsumsi buah-buahan & sayuran secara signifikan mampu mengurangi risiko obesitas bahkan kematian dini. Berikut beberapa manfaat penting makan tomat bagi kita.

1. Menurunkan Resiko Kanker
Karena berbagai macam kandungan antioksidan dalam tomat yang kuat seperti vit C & likopen, jadi rutin makan tomat mampu membantu mencegah pembentukan radikal bebas yang sudah diketahui bisa mengakibatkan penyakit kanker, termasuk jenis yang paling umum yaitu kanker prostat, serta kanker usus. Likopen dalam tomat mampu menurunkan resiko kanker prostat, sedangakan zat betakaroten yang tinggi di tomat dikaitkan dengan pencegahan kanker kolorektal.

Berdasarkan penelitian American Cancer Society, beberapa penelitian tersebut sudah menunjukkan bahwa orang yang diet dengan buah tomat mungkin mempunyai risiko lebih rendah pada jenis kanker tertentu, terutama kanker prostat, kanker paru, serta kanker kolorektal. Dan penelitian lebih lanjut berbasis manusia masih dibutuhkan untuk mengetahui apa sebetulnya peran likopen dalam pencegahan atau pengobatan kanker.

Baca Juga: Kenali 9 Jenis Rempah Temu Yang Sangat Berkhasiat Untuk Obat

2. Menormalkan Tekanan Darah
Penurunan atau mengurangi asupan zat natrium ini sangat penting untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi, tetapi meningkatkan asupan kalium juga mungkin sama pentingnya sebab efek vasodilatasinya. Menurut literatur, asupan kalium tinggi mampu menurunkan risiko kematian dari semua penyebab sampai 20%. Dalam hal ini tomat juga tinggi akan kandungan kalium.

3. Menyehatkan Jantung
Serat, kalium, vitamin C, serta kolin merupakan senyawa yang ditemukan dalam jumlah cukup baik di buah tomat, dan juga semuanya sangat dibutuhkan untuk mendukung kesehatan jantung. Menambah asupan kalium yang disertai dengan menurunkan asupan natrium merupakan perubahan pola makan yang paling penting untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Asupan tinggi kalium juga terkait dengan penurunan risiko stroke, mencegah kehilangan massa otot, menjaga kepadatan mineral tulang, serta menurunkan pembentukan batu ginjal.

4. Manfaat Bagi Diabetes
Penelitian sudah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe dengan diet tinggi serat mempunyai kadar glukosa darah yang rendah, dan untuk diabetes tipe 2 mungkin memperoleh manfaat kadar gula darah, lipid, serta juga kadar insulin. Secangkir tomat menyediakan sekitar 2gr serat.

Baca Juga: Ternyata, Ini 4 Jenis Penyakit Tanaman Kentang yang Wajib di Waspadai

5. Meremajakan Kulit
Dengan adanya kandungan zat kolagen ini sangat bergantung pada vit C. Hal ini sebab vit C merupakan nutrisi penting yang bekerja dalam tubuh sebagai antioksidan yang fungsinya untuk mencegah kerusakan kulit akibat panas matahari, polusi, kerutan, serta meningkatkan tekstur kulit.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, caranya dengan klik URL berikut http://www.facebook.com/InfoPertanianPerkebunanku/

6. Mencegah Sembelit
Sembelit merupakan kondisi yang sangat menyiksa dan apabila sering terjadi bahkan bisa meningkatkan resiko kanker usus. Konsumsi makanan yang tinggi kandungan air & serat seperti halnya tomat bisa membantu untuk terhidrasi serta melancarkan BAB. Serat sangat penting untuk meminimalkan kejadian sembelit dan mengeluarkan seluruh feses tanpa tersisa.

7. Manfaat Bagi Kehamilan
Dengan kandungan folat yang ada pada tomat, dimana nutrisi ini sangat terutama bagi wanita hamil. Hal ini berfungsi untuk melindungi janin dari resiko cacat tabung saraf.

8. Mencegah Depresi
Tak hanya penting bagi janin, zat asam folat yang terkandung dalam tomat juga mampu meredakan depresi dengan mencegah kelebihan pembentukan homosistein dalam tubuh. Kelebihan hormon ini bisa menghambat darah & nutrisi untuk mencapai otak. Jika kelebihan homosistein juga akan mengganggu produksi hormon bahagia yaitu serotonin, dopamine & norepinephrine, yang mengatur suasana hati, tidur & nafsu makan juga.

Baca Juga: Manfaat Tanaman Waru Landak dari Hiasan Rumah Hingga Atasi Gejala Penyakit

Perhatian
Tanaman tomat merupakan salah satu jenis buah yang paling banyak menerima insektisida, jadi bila kurang baik saat membersihkannya bisa berakibat buruk bila dikonsumsi dalam jangka panjang. Untuk orang yang menderita maag atau gangguan lambung, sebaiknya menghindari tomat sebab asamnya bisa memperparah gejala. Orang dengan fungsi ginjal yang tak normal, serta orang yang mengambil obat beta blocker atau obat resep umum untuk sakit jantung, tak boleh berlebihan kalium. Tetapi untuk orang yang sehat, rutin mengkonsumsi bermacam buah & sayur seperti tomat akan membawa banyak manfaat untuk kesehatan tubuh yang baik.

* Info Lengkap Mengenai Harga Plastik UV Klik tautan berikut ini http://bit.ly/hargaplastikuv

Bila Anda Membutuhkan & Ingin Memesan Plastik UV atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk greenhouse atau penjemuran atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari & jam kerja (Minggu & hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Demikian penjelasan singkat tentang artikel berjudul “Rutin Konsumsi Tomat Bisa Bikin Panjang Umur! Benarkah Itu?”. Semoga bisa bermanfaat sebagai referensi hidup sehat Anda. Amiin…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s