Perkembangan Pertanian Indoor Mengarah Pada Greenhouse Robotik, Penasaran?

Spray robot
Perkembangan Pertanian Indoor Mengarah Pada Greenhouse Robotik

Jual Plastik UV Harga Murah di Surabaya – Lim Corporation

Peluang usaha bidang pertanian ini bisa diterapkan juga dalam peluang usaha hidroponik dan pertanian yang lainnya. Pengembangan pertanian memakai teknologi greenhouse menjadi semakin penting bila dikaitkan dengan upaya peningkatan daya saing produk agribisnis nasional secara berkelanjutan untuk memenuhi tuntutan pasar global, disamping aman dikonsumsi, punya kandungan nutrisi tinggi dan ramah lingkungan, juga pasar memerlukan produksi sepanjang tahun tanpa terkendala permasalahan iklim.

Pertanian didalam greenhouse merupakan sistem produksi pertanian yang mengabungkan pemanfaatan perlindungan tanaman dari intensitas hujan, sinar matahari dan iklim mikro, yang mengoptimalkan pemeliharaan tanaman, pemupukan dan irigasi mikro, jadi produksi sayuran, buah dan bunga bisa melimpah serta berkualitas tanpa tergantung dengan musim.

Sebelumnya harus Anda ketahui bahwa, tahun 2018 yang lalu di Amerika ada 8.750 greenhouse sayuran. Jumlah tersebut meningkat 115%, semenjak 7 tahun yang lalu. Pertanian di Amerika sendiri memiliki permasalahan yang sama dengan pertanian di Indonesia, yaitu berkurangnya tenaga kerja dibidang pertanian. Berbanding terbalik dengan keperluan penyediaan bahan makanan yang sehat dan berkualitas.

Baca Juga: Ternyata, Ini 5 Kunci Sukses Budidaya Tanaman Hias Yang Wajib Diketahui

Teknik atau metode tanam greenhouse atau pertanian indoor dengan pola vertikal adalah solusi atas berkurangnya tenaga kerja di bidang pertanian dan keterbatasan lahan. Pertanian indoor atau greenhouse dengan teknik budidaya hidroponik, aerponik atau akuaponik adalah solusi tepat atas tuntutan peningatan produktivitas tanaman pangan. Pengendalian faktor input secara efektif dan efisien termasuk juga udara, penyinaran dan pengairan, serta sekaligus sebagai solusi pendistribusian bahan pangan tersebut.

Pilar Robotik Greenhouse
Amerika Serikat dan Eropa dengan permasalahan yang sama seperti diatas terus mengembangkan teknik tanam greenhouse hingga ke tingkat sistem otomatis robotik. Pengembangan sitem robotik pada greenhouse tersebut meliputi 3 pilar utama:

1. Material Handling System atau Sistem Penanganan Material
Sistem ini berhubungan dengan persiapan tanam, penanaman dan perawatan tanaman. Pengembangan perangkat robotik ini meliputi, peletakan dan penataan cangkir atau cup media tanam, penanaman bibit atau benih, pengairan serta pencahayaan.

Konsepnya seperi assebly line pabrik, setiap lini perakitan terhubung oleh line, dimana conveyor mengangkut setiap keperluan material untuk dirakit atau dipasang pada setiap bagian unit perakitan, dengan sistem kendali atau setting visualisasi di komputer pusat.

Baca Juga: Intip Kelebihan & Kelemahan Antara Kolam Beton Dengan Kolam Tanah

2. Sistem Monitoring dan Sistem Pemanenan
Sistem monitoring yaitu sistem yang digunakan untuk mengamati perkembangan tanaman, mendeteksi tanaman dengan pola tak wajar, seperti daun yang kuning dan lain sebagainya. Sistem panen robotik adalah pengembangan teknologi berbasis AI atau Artivicial Intellegent yang terdiri dari 2 komponen utama software visi dan alat robotok.

3. Sistem Kendali Pandu Robot
Robot untuk pengangkutan hasil panen, dan peletakan bibit-bibit tanaman yang lebih aman dan efektif. Pengembangan teknologi ini memakai basis teknologi sensor, modul pemetaan rooting, dan juga sistem kendali.

Peluang Di Indonesia
Peluang pengembangan greenhouse robotik di negara Indonesia masih sangat terbatas. Sebab ketersediaan lahan yang cukup dan biaya pengembangan teknologi yang sangat besar menjadi faktor utama implementasi dari sistem greenhouse robotik ini.

Baca Juga: Inovasi Teknologi Untuk Sarana Pembangunan Bidang Pertanian Indonesia

Akan tetapi sistem tersebut masih bisa di terapkan melalui kerjasama dengan industri pangan, terutama produk pangan yang berbahan baku sayuran premium. Sebagai downstream yang menyuplai langsung bahan mentah ke pabrik. Keunggulannya yaitu bisa dikembangkan dilokasi pabrik jadi memotong biaya distribusi. Untuk pengembangan teknologi, software AI mungkin bisa membeli dari luar, dengan pengembangan perangkat robotik dikembangkan sendiri.

* Info Lengkap Mengenai Harga Plastik UV Klik tautan berikut ini http://bit.ly/hargaplastikuv

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Plastik UV atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk greenhouse atau penjemuran atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s