Cara Menanam Bonsai, Si Tanaman Kerdil dengan Harga Selangit

Tanaman Bonsai

Jual Plastik UV Greenhouse Berkualitas – Lim Corporation

Bonsai merupakan salah satu tanaman hias yang banyak digemari di masyarakat. Untuk harganya bonsai sendiri yaitu terbilang cukup mahal jadi umumnya bonsai dimiliki hanya oleh kalangan menengah ke atas.

Bentuk bonsai yaitu tanaman kerdil yang indah, unik dan lucu. Untuk itulah, bonsai mempunyai pengertian sebagai tanaman kerdil yang diletakkan dalam pot. Walaupun tumbuhan ini berusia lebih dari satu tahun, bonsai harus tetap tumbuh dalam bentuk yang kerdil.

Tanaman bonsai yang sering kita temukan di tempat penjualan tanaman hias memang mempunyai harga yang mahal, akan tetapi sebetulnya teknik budidaya bonsai bisa dikerjakan siapa saja. Hal ini bisa dilaksanakan dengan mengerdilkan tanaman yang besar dan membentuknya menjadi kecil dan diletakkan pada pot. Berikut ini beberapa tahapannya.

Pemilihan Tanaman Untuk Bonsai

Dalam membudidayakan tanaman bonsai, lebih baiknya memilih bibit bonsai yang sehat dan tak terserang penyakit serta mempunyai daun yang berwarna hijau. Lebih baik bibit tersebut asalnya dari stek atau cangkokan yang tak mempunyai akar berbentuk tunggang tetapi banyak mempunyai akar lateral.

Terdapat beberapa tanaman yang bisa dibuat bonsai diantaranya yaitu maja, sawo, cerme, jambu biji, beringin, kayu manis dan masih banyak lagi. Ukuran diameter tumbuhan yang akan dijadikan bonsai lebih baik yang berukuran besar jadi tumbuhan bisa mirip dengan tumbuhan besar saat dikerdilkan. Bukan hanya itu tumbuhan yang dipilih juga sebaiknya mempunyai percabangan yang indah jadi nilai seni ketika dibentuk bonsai masih bisa terlihat dan menarik perhatian.

BACA JUGA:
Jenis Kendala Saat Budidaya Hidroponik dan Cara Ampuh Penanganannya
Anggur Hitam, Buah dengan Segudang Manfaat dan Khasiat
Rahasia Optimalnya Ternak Kambing Etawa, Ini Jawabannya
Jangan Asal Semprot Tanaman! Coba Lakukan Sesuai Aturan Menyiram Ini

Pemangkasan dan Pembentukan

Teknik budidaya bonsai pertama yang bisa dilaksanakan yaitu dengan membuang dahan-dahan tumbuhan yang tak dibutuhkan. Tak hanya itu saja tanaman bisa juga dipangkas. Tujuan hal ini yaitu untuk menentukan bentuk tumbuhan bonsai sesuai dengan yang diharapkan.

Supaya tak terjadi pengeringan, pemangkasan dilaksanakan di bagian pangkal percabangan terutama bagian cabang yang tersisa. Hal ini juga bisa mengendalikan pertumbuhan cabang supaya tak terjadi terlalu cepat.

Proses pemotongan akar bonsai lebih baik dikerjakan dengan mengarah ke samping supaya pertumbuhan bisa diperbanyak. Kemudian, bisa dilaksanakan teknik pengawatan. Pengawatan harus dilaksanakan hati-hati untuk membentuk cabang, batang dan ranting. Berbagai bentuk bonsai bisa dipilih sesuai selera seperti bentuk tegak lurus, miring atau tegak berliku.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, caranya dengan klik DISINI

Penyiapan Pot

Bukan hanya mempersiapkan tanaman yang akan dijadikan bonsai, kita juga harus mempersiapkan pot yang akan dipakai sebagai media penanaman bonsai. Bagian dasar pot harus dilapisi dengan kerikil kecil yang kemudian ditimbun dengan tanah. Sebelum dimasukkan ke dalam tanah, lebih baik akar bakalan bonsai dikurangi supaya sesuai dengan ukuran pot.

Kemudian bonsai bisa dipindahkan ke dalam pot yang sudah siap tersebut. Cara menanam bonsai yang benar yaitu dengan memindahkan sebagian dulu media tanam ke dalam pot, kemudian menanam bakalan bonsai dengan posisi tepat. Sesudah itu cara tanam terakhir yaitu dengan memasukkan sisa media tanam, kemudian dipadatkan dengan memakai ujung jari dan telapak tangan.

Plastik UV Greenhouse
Produsen Plastik UV Harga Murah

Perawatan Bonsai

Perawatan bonsai juga harus rutin dilaksanakan supaya tanaman terus tumbuh dan tak mati. Sesudah bonsai tumbuh, kita harus rutin mengamati bagaimana pertumbuhan dahan, cabang, ranting serta batangnya. Apabila dahan dan cabangnya tumbuh secara berlebihan, maka bisa dilaksanakan proses pemangksan secara rutin supaya tak menyimpang dan mengurangi keindahan bentuk bonsai.

Untuk ranting-ranting yang tumpang tindih juga harus dihilangkan, begitu juga dengan dahan yang terlalu rimbun. Dalam setahun, pemupukan bonsai bisa dilaksanakan 3 kali dengan memakai pupuk kimia. Akan lebih bagus bila ditambah dengan pupuk kandang, kompos ataupun bahan organik lainnya. Dan sementara itu, penyiraman harus rutin dilaksanakan setiap hari.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai “Cara Menanam Bonsai, Si Tanaman Kerdil dengan Harga Selangit” dapat berguna dan bermanfaat.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Plastik UV untuk proses budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Plastik Pertanian & Perkebunan dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk klik DISINI dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s