Jangan Asal Budidaya, Coba Pahami Faktor Ini Dulu!

Pemberian Pakan Bebek yang Benar

Sebelum Anda memulai budidaya bebek, salah satu yang paling penting untuk diketahui yaitu pakan bebek. Pemberian pakan ini harus memerhatikan jenis dan caranya. Dengan begitu, bebek yang diternakkan juga menjadi lebih optimal produktivitasnya.

Bebek petelur dan bebek pedaging membutuhkan jenis pakan berkualitas. Terdapat dua jenis pakan bebek secara umum, yaitu pakan alami dan pakan konsentrat.

Pakan alami bisa Anda temukan sendiri ataupun membeli dari para pengepul, yaitu berupa bekicot dan kepala udang. Pakan alami berupa kepala udang bisa menutrisi kuning telur bebek sehingga mempunyai kandungan omega 3 yang tinggi sehingga lebih diminati konsumen.

Pakan konsentrat bagi peternakan bebek sekarang bisa dibeli di toko kebutuhan ternak. Bukan hanya itu, Anda juga bisa membuat sendiri untuk menghemat biaya. Meramu pakan konsentrat bagi bebek ternak yaitu hal yang lumrah di kalangan peternak.

Adapun tiga jenis pakan konsentrat untuk masing-masing fase pertumbuhan bebek. Pertama, pakan yang diberikan ketika bebek berumur 0—8 minggu. Pakan fase awal ini berbeda dengan bebek fase grower berusia 8—18 minggu dan fase layer ketika berusia 18—27 minggu.

BACA JUGA:
Mau Bertanam Metode Roof Garden, Coba Pahami 3 Ciri Tanaman Ini Dulu!
Ingin Berkebun di Lahan Sempit, Coba Terapkan 10 Inovasi Ini!
Yuk Cari Tau Jenis Tanaman Hias Berdasarkan Bentuknya, Penasaran?

Perbedaan ini terletak pada kandungan protein. Di awal, protein yang diperlukan berkisar 20%—22%, fase kedua berkisar 17%—19%, dan fase terakhir berkisar 15%—17%. Jumlah total protein ini sudah disesuaikan apabila Anda membeli pakan konsentrat buatan pabrik. Jika membuat sendiri, Anda harus memastikan pakan yang Anda buat mengandung jumlah protein yang cukup.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Bahan baku yang diperlukan untuk membuat pakan konsentrat yaitu jagung giling, dedak halus, dan tepung ikan. Dan sebagai pelengkap, tambahkan pula ubi kayu, bungkil kelapa, dan bungkil kedelai.

Untuk cara pemberian pakan pada bebek ini diberikan berbeda-beda. Bebek yang baru menetas sampai berusia 21 hari, pakan disajikan di baki pakan atau tray feeder. Apabila bebek sudah berusia di atas 21 hari, pakan sudah bisa diberikan dengan cara disebar di lantai. Pemberian ini dilaksanakan secara terus-menerus.

Cara pemberian pakan ini hampir sama dengan pemberian air minum. Pada usia bebek 0—7 hari, air minum diberi tambahan vitamin. Bukan hanya itu, air baru diberikan dalam wadah khusus di dalam kandang secara terus-menerus.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Jangan Asal Budidaya, Coba Pahami Faktor Ini Dulu! dapat berguna dan bermanfaat.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Plastik UV untuk proses budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Plastik Pertanian & Perkebunan dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk klik DISINI dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s