Hama & Penyakit yang Harus Anda Ketahui Sebelum Budidaya Selada

Hama & Penyakit Tanaman Selada

Salah satu diantara tantangan dalam budidaya selada yaitu adanya berbagai jenis hama dan penyakit tanaman yang menyerang. Hama dan penyakit selada ini sangatlah beragam. Akan tetapi, ada 4 jenis hama dan penyakit yang paling banyak meresahkan para petani selada. Berikut penjelasan selengkapnya.

Jangel

Jenis hama yang pertama yaitu jangel, dengan nama ilmiahnya yakni Bradybaena similaris ferussac. Hama ini mempunyai bentuk seperti siput yang sangat kecil. Ukuran dari jangel hanya sekitar 2 cm. Hama jangel cukup berbahaya dalam menyerang tanaman ini.

Bukan hanya tanaman yang disemaikan, jangel juga menyerang tanaman yang sudah tumbuh di lahan. Tanaman dengan segala umur sangat rentan terserang jangel. Umumnya hama ini bersembunyi pada pangkal daun di bagian dalam. Serangan hama jangel bisa membuat daun berlubang. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda segera mengatasi serangan hama jika melihat adanya selada budidaya Anda yang mulai berlubang.

Tangek

Bukan hanya jangel, tangek juga merupakan musuh alami dari tanaman ini. Tangek mempunyai nama ilmiah Parmalion pupilaris humb. Sekilas, tangek mirip dengan jangel. Hanya saja, tangek tak mempunyai rumah siput seperti jangel.

Baca Juga:
Ternyata Ini Alasan Milenial Harus Mulai Budidaya Metode Hidroponik
Jangan Asal Budidaya, Coba Pahami Faktor Ini Dulu!
Mau Bertanam Metode Roof Garden, Coba Pahami 3 Ciri Tanaman Ini Dulu!

Serangan hama tangek bisa dideteksi dari adanya lubang pada daun tangek. Pada musim kemarau, serangan tangek akan lebih berbahaya ketimbang di musim hujan. Serangan tangek bisa mengakibatkan penurunan produktivitas dan kualitas selada yang Anda budidayakan.

Busuk Lunak

Busuk lunak dikenal juga sebagai soft rot. Penyakit tanaman selada ini diakibatkan oleh bakteri Erwinia carotovara. Bagian yang diserang oleh bakteri ini adalah bagian daunnya. Serangan akan mulai tampak pertama-tama pada bagian tepi daun. Ciri utama busuk lunak diawali dengan warna daun menjadi cokelat. Kemudian, daun akan mengalami pelayuan.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Bukan hanya menyerang selada yang masih tumbuh di lahan, penyakit busuk lunak juga bisa menyerang selada yang sudah siap diangkut ke pasar. Oleh karena itu, pastikan kembali tanaman yang hendak Anda panen dalam keadaan prima dan optimal.

Busuk Pangkal Daun

Dan yang terakhir yakni ada penyakit busuk pangkal daun yang mengincar tanaman selada milik Anda. Penyebab utama penyakit busuk pangkal daun adalah Felicularia filamentosa. Sama seperti namanya, bagian utama yang diserang oleh penyakit ini yaitu bagian pangkal daun. Anda harus waspada karena penyerangan biasanya terjadi menjelang masa panen.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai “Hama & Penyakit yang Harus Anda Ketahui Sebelum Budidaya Selada” dapat berguna dan bermanfaat.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Plastik UV untuk proses budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Plastik Pertanian & Perkebunan dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk klik DISINI dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s